PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR DONGKRAK PERTUMBUHAN EKONOMI

                                    H Lukman Abunawas

Kendari - Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H Lukman Abunawas mengatakan masyarakat pesisir yang ada di seluruh wilayah perairan Sultra merupakan sebuah potensi yang dapat mengembangkan perokonomian daerah khususnya pada sektor perikanan dan kelautan.

"Masyarakat pesisir tidak dapat dipisahkan dengan laut, maka dari itu untuk menumbuhkan perekonomian pada sektor perikanan dan kelautan harus ada pemberdayaan terhadap masyarakat pesisir yang sebagian besar adalah orang Bajo," kata Lukman Abunawas di Kendari, Jumat.

Ia menambahkan, dengan adanya pemberdayaan terhadap masyarakat pesisir diharapkan selain dapat meningkatkan perekonomian daerah juga sebagai upaya dalam mensejahterakan kehidupan mereka.

Pemberdayaan yang dimaksud yakni dengan terus memberikan pemahaman kepada mereka bahwa potensi yang ada di laut bukan saja pada subsektor perikanan tangkap melainkan lebih dari itu.

Sebab masih banyak subsektor perikanan budidaya yang belum tersentuh. Misalkan saja, lanjut Sekda Sultra itu pada budidaya ikan kerapu, rumput laut dan lobster.

"Tentunya dalam memberdayakan masyarakat pesisir dibutuhkan kerjasama semua pihak, baik itu pemerintah, akademisi dalam hal ini perguruan tinggi dan tokoh-tokoh masyarakat," ujarnya.

Dia menambahkan, dengan memberdayakan masyarakat pesisir yang ada di Sultra, juga sekaligus akan menjaga wilayah perairan daerah ini terhadap nelayan asing.

Sebab tidak dapat dipungkiri, kondisi geografis yang dimiliki Sultra yang sebagian besar wilayahnya yakni 72 persen merupakan laut dan langsung berhadapan dengan laut Banda memiliki potensi yang luar biasa.

Untuk itu, langkah yang telah dilakukan oleh Pemprov Sultra yakni memberikan bantuan modifikasi sarana penangkapan, pemberian kredit bergulir pada masyarakat pesisir, serta penyuluhan lingkungan pesisir dan lautan.

Sumber Berita : Antara News

Related

3 SULTRA 1871625816015361996

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item