SOSIALISASI PROGRAM BELA NEGARA


Foto : Ilustrasi


Kementerian Pertahanan berencana merekrut 100 juta kader bela negara dari seluruh wilayah Indonesia mulai tahun ini. Kader-kader bela negara akan bertugas melakukan pertahanan negara jika sewaktu-waktu negara mendapat ancaman, baik nyata maupun belum nyata. Keberadaan kader bela negara dinilai sudah sangat penting dan mendesak. Sebab dalam pandangan Menteri Pertahanan, belakangan wawasan kebangsaan  sudah mulai luntur.

Menhan menyebutkan negara dengan sistem bela negara yang kuat akan membuat negara itu kuat. Indonesia akan menjadi lebih kuat jika memiliki 100 juta kader bela negara. Pembentukan kader bela negara sebanyak 100 juta kader akan dilakukan melalui program ketahanan negara di setiap kabupaten/kota di seluruh Indonesia dalam 10 tahun ke depan. Pada tahun ini, akan dimulai di 47 kabupaten/kota yang berada di 11 Kodam.

Program ini menjadi perbincangan hangat publik dan muncul polemik, ada yang pro kontra. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan mendukung rencana program Bela Negara yang diusulkan Kementerian Pertahanan. Menurutnya, program tersebut diusulkan Kemenhan untuk meningkatkan kedisiplinan generasi muda di Indonesia. Ia menilai program ini sesuai dengan semangat Revolusi Mental yang digaungkan Presiden Joko Widodo. Pengajarnya, akan dikombinasikan instruktur dari TNI, Polri, dan instruktur keilmuan lainnya.




Sumber Berita : Harian SIB 

Related

2 NASIONAL 3545345772603040214

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item