BPKAD Konut Selenggarakan Pelatihan Keuangan Menggunakan Sistem SIMDA



MEDIA KONAWE, WANGGUDU - Pelatihan Desentralisasi Penata Usahaan Keuangan Daerah dengan menggunakan aplikasi SIMDA keuangan di lingkungan SKPD Pemda Konawe Utara digelar Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKD) Konut, dengan pemateri dari BPKP Perwakilan Prov. Sultra yang dibuka secara resmi, Sekda Konut, DR Ihwan Porosi, diikuti para kepala SKPD dan bendara se Konawe Utara di Hotel Grand Asera, Rabu, 13/1/2016.

Kepala BPKAD Konut, Muslimin N, SE, MSi dalam laporannya menjelaskan bahwa, pelatihan ini diselenggarakan dalam rangka menertibkan administrasi dan pelaporan keuangan, pengelolaan keuangan yang akuntabel perlu dilakukan upaya peningkatan pengetahuan SDM aparatur pengelola keuangan di SKPD.

Sementara tantangannnya, lanjut Muslimin, disisi lain banyaknya regulasi yang harus dilaksanakan dalam kerangka memenuhi berbagai tuntutan publik yang perlu dilakukan secara terintegrasi yang tujuannya mendukung kelancaran tugas-tugas pemerintahan dan pelayanan masyarakat.



BPKAD terus berupaya melakukan strategi peningkatan kualitas pelaporan keuangan melalui pembinaan terhadap aparat pengelola keuangan yang terus mengikuti perubahan kebijakan regulasi pemerintah, karena itu, 2016 ini penggunaan sistem aplikasi SIMDA keuangan terkait langsung dengan perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan dan pertanggungjawaban keuangan daerah sepenuhnya dilaksanakan oleh masing-masing SKPD. "Artinya SIMDA tidak lagi terpusat di BPKAD untuk menginput semua proses kegiatan pengelolaan keuangan yang ada di SKPD, sesuai Permendagri Nomor13 tahun 2006 tentang tugas SKPD," ujar Muslimin.

Sementara itu, Bupati Konawe Utara dalam sambutannya yang dibacakan, Sekda Konut, DR Ihwan Porosi memberikan apresiasi atas penyelenggaran pelatihan ini yang tentunya dalam rangka mendukung terwujudnya  good governace dan clean governance dalam penyelenggaraan negara yang tentunya terselenggara secara profesional, terbuka, dan bertanggungjawab serta memenuhi prinsip-prinsip pengelolaan keuangan negara yang baik.

"Saya menyambut gembira upaya-upaya BPKAD Konut untuk meningkatkan pengolaan keuangan seiring dengan berubahnya kebijkan regulasi pemerintah tanpa ketinggalan dengan kabupaten lainnya di Indonesia," tandas Sekda Konut.

Lebih lanjut, Ihwan Porosi, bahwa pelatihan ini merupakan kelanjutan dari Pelatihan SIMDA yang telah dilaksanakan sebelumnya untuk menyesuaikan beberapa perubahan regulasi mengenai pelaporan keuangan. "Tahun ini, proses penata usahaan keuangan melalui penggunaan sistem aplikasi SIMDA Keuangan dilaksakana langsung oleh SKPD sendiri," katanya. MK/JM












Related

KONUT 187843226902639475

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item