200 SK Kepala Daerah Diterbitkan Kemendagri





“Kalau yang menunggu pelantikan di tahapan selanjutnya, SK mereka masih ditahan. Senin (22/2) baru akan disampaikan supaya tak dilantik semua di Februari,”

Jakarta -  Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menerbitkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan 200 bupati/walikota terpilih hasil Pilkada serentak 2015. Namun, proses pelantikan rencanannya tetap berlangsung secara bertahap pada Maret dan Juni mendatang.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri, Sumarsono mengatakan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sudah menandatangani SK tersebut. Hanya saja, menurut dia, kepala daerah terpilih tidak serta-merta bisa dilantik sekaligus pada Februari ini.

“Semua usulan SK pengangkatan yang 200 kepala daerah sudah terbit,” kata Sumarsono, Rabu (17/2).

Selebihnya, masih ada sejumlah kepala daerah yang harus menunggu di Maret dan Juni 2016. Sebab, ada proses hukum dan sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi (MK). Selain itu, beberapa kepala daerah yang belum habis masa jabatannya, juga perlu menunggu sampai Juni nanti.

“Kalau yang menunggu pelantikan di tahapan selanjutnya, SK mereka masih ditahan. Senin (22/2) baru akan disampaikan supaya tak dilantik semua di Februari,” ujar Sumarsono.

Sementara Sekretaris Ditjen Otda Kemendagri, Ansel Tan menambahkan, pihaknya juga menurunkan tim ke daerah untuk menyaksikan serta memantau langsung situasi pelantikan tersebut. Ada 32 provinsi yang saat ini menyelenggarakan pelantikan kepala daerah terpilih.

Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi (Pusdatin) Kemendagri, Dudy Jocom mengatakan, ia menjadi perwakilan Kemendagri untuk memantau pelaksanaan pelantikan di Provinsi Papua. Ada 6 kepala daerah terpilih dilantik langsung Gubernur Papua, Lucas Enembe.

“Gubernur melantik sekaligus serah terima jabatan antara kepala daerah baru dan lama. Jadi pulang pelantikan ini, para bupati/walikota ini langsung bekerja,” ungkap dia.


Sumber : Kemendagri

Related

4 POLITIK 2788054280831420824

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item