DisPMPD Konut Sempurnakan Kriteria Balon Kades

plt Kadis PMPD Konut, Sulkarnain Sinapoi.   Foto : JM/MK


itu betul-betul tes karena berdasarkan Perda No.4 Tahun 2009 tentang bebas buta baca alquran, karena setiap pelantikan sekarang, pejabat-pejabat, seperti eselon-eselon yang ada, camat dan desa langsung mengaji di depan pada saat mau pelantikan


Wanggudu (MEDIA KONAWE) - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DisPMPD) Kabupaten Konawe Utara menyempurnakan kriteria bakal calon (balon) kepala desa sebagai rujukan bagi tim sembilan (Tim Penjaringan Pilkades) yang terbentuk pada 41 desa di 12 kecamatan di daerah ini.

Menurut plt Kadis PMPD Konut, Sulkarnain Sinapoi, penyempurnaan kriteria bagi para balon kades yang akan ikut dalam pemilihan kepala desa serentak di Konawe Utara pada 28 Februari mendatang terdapat beberapa perbaikan yang disesuaikan dengan peraturan dan perundang-undangan yang ada.

"Diantaranya, mengenai surat keterangan balon kades tidak dalam keadaan berpartai sesuai rekomendasi yang dikeluarkan Badan Kesbangpol, keterangan tidak pernah dihukum penjara pidana karena melakukan tindak pidana dari pengadilan negeri dan yang terpenting, adanya surat keterangan bebas buta baca tulis Alquran bagi beragama islam,"kata Sulkarnain, diruang kerjanya, Senin,16 Januari 2017.

Selain itu, tambah Sulkarnain, mengenai bebas narkoba yang dikeluarkan oleh BNN Sulawesi Tenggara, begitu juga usia bakal calon kepala desa disesuaikan dengan ketentuan Undang-Undang Desa No. 6 tahun 2014, umur minimal 25 tahun dan maksimal umur bakal calon kepala desa tidak dibatasi.

"Begitu juga dengan kriterian mengenai bebas buta baca alquran ini dibuktikan dengan surat keterangan dari KUA, itu harus ada rekomendasi dan itu betul-betul tes karena berdasarkan Perda No.4 Tahun 2009 tentang bebas buta baca alquran, karena setiap pelantikan sekarang, pejabat-pejabat, seperti eselon-eselon yang ada, camat dan desa langsung mengaji di depan pada saat mau pelantikan," ujar plt Kadis PMPD Konut.   MK/JM    



Related

KONUT 7833370894471535480

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item