Petani Jagung Konawe Utara Butuhkan Pembeli


 
Foto Ilustrasi 


Para petani Konawe Utara mengembangkan budi daya tanaman jagung untuk bahan pakan ternak atas dorongan pemerintah setempat. Oleh karena itu, Pemerintah Konawe Utara harus bertanggung jawab mencarikan pembeli jagung sehingga jagung para petani bisa laku terjual

MEDIA KONAWE, Wanggudu - Para petani jagung Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara, membutuhkan pembeli untuk menampung hasil panen dari produksi tanaman jagung petani yang saat ini tidak laku.

"Ribuan ton produksi jagung para petani Konawe Utara saat ini hanya menumpuk karena tidak ada pembeli yang bisa menampung ribuan ton jagung tersebut," kata Anggota DPRD Kabupaten Konawe Utara Nurtan Jaya di Wanggudu, Jumat, 7 April 2017

Dia mengatakan ribuan ton jagung para petani Konawe Utara tersebut hanya menumpuk dan terancam rusak dimakan ulat karena jagung yang ditanam para petani bukan jagung yang dapat dikonsumsi warga melainkan jagung untuk bahan pakan ternak.

Oleh karena produksi jagung para petani tersebut hanya untuk bahan pakan ternak, kata dia, petani membutuhkan pembeli sehingga mereka mendapatkan uang.

"Kalau produksi jagung para petani tidak laku dan rusak dimakan ulat maka para petani akan frustasi dan tidak akan menggeluti tanaman jagung untuk bahan pakan ternak lagi," katanya.

Nurtan meminta Pemerintah Kabupten Konawe Utara mencarikan pembeli jagung yang dapat menampung jagung para petani yang saat ini masih menumpuk di tempat-tempat penyimpanan jagung.

"Para petani Konawe Utara mengembangkan budi daya tanaman jagung untuk bahan pakan ternak atas dorongan pemerintah setempat. Oleh karena itu, Pemerintah Konawe Utara harus bertanggung jawab mencarikan pembeli jagung sehingga jagung para petani bisa laku terjual," katanya.

Seharusnya, kata dia, sebelum para petani didorong mengembangkan tanaman jagung untuk bahan pakan ternak, Pemerintah Kabupaten Konawe Utara terlebih dahulu mencarikan perusahaan yang bersedia menampung produksi jagung mereka.

Dengan begitu, kata dia, saat para petani jagung melakukan panen raya, hasilnya bisa langsung terserap oleh perusahaan pembeli jagung. MK

Related

KONUT 7768913990201528183

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item