Akibat Longsor, Jalan Nasional Bombana Nyaris Putus


Kondisi jalan yang longsor di Bombana yang menghubungkan Konawe Selatan-Kota Kendari.

Selain penimbunan yang longsor, rencananya kita akan membuat rekasaya jalan baru yang membelok ke arah gunung sambil membenahi yang longsor setengah badan jalan itu


Kendari - Jalan poros nasional di Kabupaten Bombana yang menghubungkan Konawe Selatan menuju Kota Kendari Sulawesi Tenggara nyaris putus akibat tanah longsor yang dipicu saat hujan beberapa hari terjadi di daerah itu.

Pantauan Antara di lokasi itu, Senin, jalan poros yang berada pada kilometer 3-4 dari kantor Bupati Bombana tepatnya di Tompobatu Kelurahan Lameroro atau hanya berjarak sekitar 1,5 kilometer dari Polres Bombana itu, kondisinya sangat rawan dilalui bagi setiap pengandara karena selain berada di kawasan belokan dan pegunungan juga di sisi kanan dari Bombana adalah pantai laut yang terjal.

Hingga berita ini ditulis, Pemerintah Kabupaten Bomban melalui dinas teknis telah melakukan penimbunan di jalan poros yang menghubungkan Kendari- Bombana akibat longsor, namun belum seluruhnya tuntas karena masih dalam proses penimbunan.

Salah seorang kontraktor pemeliharaan jalan, Amlin, yang ditemui mengatakan, jalan tersebut saat ini sementara ditimbun namun belum selesai semua. Lokasi longsor itu berada di jalan utama yang menghubungkan Bombana dengan sejumlah daerah lain ini mengalami retak pada bagian badan jalan, dan di sisi badan jalan runtuh hingga kedalaman belasan meter.

"Selain penimbunan yang longsor, rencananya kita akan membuat rekasaya jalan baru yang membelok ke arah gunung sambil membenahi yang longsor setengah badan jalan itu," kata Amlin.

Akibat tanah longsor yang melebihi setengah badan jalan rusak tersebut, arus lalu lintas yang melewati jalan ini kini tetap lancar, namun setiap pengendara harus tetap berhati-hati terutama bila kendaraan yang datang dari arah Kendari masuk ke Bombana, karena jalan yang rusak itu berada di bagian kiri bila pengendara dari Kendari.

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bombana juga telah mengantisipasi terjadinya kecelakaan melalui beberapa langkah penanganan dengan memasang `police line` di kawasan jalan yang longsor tersebut. MK

Related

3 SULTRA 101071449579146768

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item