Asrun: "Kendari Newport" Pintu Gerbang Ekonomi Sultra

Wali Kota Kendari, Asrun, bersama mantan GM Pelindo IV, Suparman. 

Pelabuhan peti kemas ini akan menjadi awal kemajuan Kota Kendari dan Sultra secara luas


Kendari - Wali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Asrun mengatakan pembangunan "Kendari Newport" atau pelabuhan peti kemas Kendari di Pulau Bungkutoko akan menjadi pintu gerbang ekonomi Sultra.

"Pelabuhan peti kemas ini akan menjadi awal kemajuan Kota Kendari dan Sultra secara luas," kata Asrun saat menghadiri pemancangan tiang perdana pembangunan Pelabuhan Kontainer "Kendari Newport" di Pulau Bungkutoko Kendari, Senin.

Dikatakan, Pelabuhan Kontainer "Kendari Newport" (KNP) merupakan salah satu megaproyek yang akan dibangun oleh pemerintah pusat melalui Pelindo di daerah itu.

"Pembangunan `Kendari NewPor` merupakan agenda bersama dengan Pemerintah Kota Kendari dan Pemprov Sultra yang menggandeng BUMN untuk mengembangkan kawasan Teluk Kendari dan Bungkutoko," katanya.

Menurut dia, Kendari akan lebih maju jika memiliki pelabuhan yang representatif dan berskala internasional seperti yang sedang dibangun Pelindo tersebut.

Asrun mengajak semua pihak untuk mendukung pembangunan pelabuhan tersebut sehingga bisa cepat tuntas dan memberikan manfaat bagi masyarakat lokal.

"Yang paling pertama akan merasakan dampaknya ketika pelabuhan ini selesai dibangun, adalah masyarakat sekitar. Karena itu, mari dukung pembangunan ini yang sudah mulai berjalan," katanya.

General Manager PT Pelindo IV Cabang Kendari, Muh Irfan mengatakan, pihaknya menyiapkan anggaran sebesar Rp936 miliar untuk membangun "Kendari Newport.

Anggaran sebesar itu terdiri atas Rp635 miliar dari dana Penyertaan Modal Negara (PMN) dan dana internal perusahaan sebesar Rp301 miliar.

"Rencananya, untuk tahap awal kami akan membangun dermaga khusus peti kemas di atas lahan seluas lima hektare dari lahan yang tersedia seluas 85 hektare," katanya. MK

Related

3 SULTRA 8699246472184047274

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item