Gubernur Sultra: Harganas Bangkitkan Harmonisasi Keluarga

Gubernur Sultra, Wakil Gubernur HM Saleh Lasata, dan Ketua DPRD Sultra Abdurahman Saleh, dan Ketua TP PKK Hj Tina Nur Alam saat menghadiri puncak Harganas di Kendari. 

Keluarga merupakan guru pertama dalam mendidik anak. Hal itu dapat dilihat dari pertumbuhan sorang anak mulai dari bayi, belajar jalan, hingga mampu berjalan

Kendari - Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam mengatakan peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXIV tingkat provinsi Sultra yang dilaksanakan di Kota Kendari, Senin, merupakan momentum untuk membangkitkan harmonisasi keluarga.

"Peringatan hari keluarga jangan hanya dianggap sebagai seremonial, tetapi yang lebih penting adalah penghayatan terhadap hari keluarga guna melakukan berbagai perbaikan bagi kehidupan keluarga sejahtera, kita kembali pada keluarga kita, bahagiakan keluarga kita, dan perkuat rasa tanggungjawab kita terhadap keluarga," kata Nur Alam, saat memberikan sambutan pada puncak peringatan Harganas ke-XXIV di Kendari, Senin, 15 Mei 2017.

Menurut Nur Alam, beberapa poin penting yang harus direnungkan dalam Harganas kali yakni pendidikan karakter anak-anak, ini yakni keluarga berusaha mempersiapkan bekal selengkap-lengkapnya kepada anak dengan memperkenalkan pola tingkah laku, sikap keyakinan, cita-cita, dan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat serta mempelajari peranan yang diharapkan akan dijalankan oleh mereka.

"Keluarga merupakan guru pertama dalam mendidik anak. Hal itu dapat dilihat dari pertumbuhan sorang anak mulai dari bayi, belajar jalan, hingga mampu berjalan," katanya.

Selain itu katanya, dalam masyarakat Indonesia dewasa ini fungsi di keluarga semakin berkembang, di antaranya fungsi keagamaan yang mendorong dikembangkannya keluarga dan seluruh anggotanya menjadi insan-insan agama yang penuh keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Keluarga merupakan tempat yang nyaman bagi para anggotanya. Fungsi ini bertujuan agar para anggota keluarga dapat terhindar dari hal-hal yang negatif. Dalam setiap masyarakat, keluarga memberikan perlindungan fisik, ekonomis, dan psikologis bagi seluruh anggotanya," katanya.

Keluarga juga kata Nur Alam, harus memberikan suasana yang sangat gembira dalam lingkungan. Fungsi rekreatif dijalankan untuk mencari hiburan.

"Dewasa ini, tempat hiburan banyak berkembang di luar rumah karena berbagai fasilitas dan aktivitas rekreasi berkembang dengan pesatnya. Media TV termasuk dalam keluarga sebagai sarana hiburan bagi anggota keluarga," katanya.

Puncak peringatan Harganas XXIV Sultra dihadiri Anggota DPR RI Tina Nur Alam yang juga merupakan ketua PKK Sultra, Deputi Bidang Pengendalian Penduduk BKKBN Pusat, Wendy Hartanto, Wakil Gubernur Sultra, Saleh Lasata, Ketua DPRD Sultra, Abdurahman Saleh, Kepala BKKBN Sultra, Ali Ismail.

Hadir pula beberapa kepala daerah di antaranya Bupati Kolaka Utara, Rusda Mahmud, pj Bupati Bombana, Siti Saleha, Pj BUpati Muna barat, Rony Yakob, PJ Bupati Buton Tengah, La Ode Ali Akbar, Wakil Bupati Konawe Selatan, Arsalim, Wakil Bupati Konawe Kepulauan, Andi Lutfi, Wakil Buupati Kolaka Timur, Andi Meria Nur, Wakil Bupati Kolaka, Muh Jayadin. MK

Related

3 SULTRA 4405085946492221734

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item