Mengapa saat berpuasa kerap mengantuk?

ilustrasi mengantuk 

Perbedaan hanya jam makan saja. Kalau pemenuhan kebutuhan nutrisinya cukup saat sahur dan berbuka puasa, maka biasanya tak akan mengalami kendala apapun, termasuk mengantuk


Jakarta - Sebagian dari Anda mungkin pernah atau bahkan kerap mengantuk kala menjalankan puasa. Bila ini terjadi berarti ada yang salah dalam pola makan Anda.

"Itu berkaitan dengan kalori dan kalori penyokong utamanya adalah karbohidrat," ujar dr Ulul Albab dari Ikatan Dokter Indonesia dalam acara kesehatan yang diselenggarakan Mayora Nutrition di Jakarta, Selasa (23/5).

Ulul mengatakan, sebenarnya tak ada perbedaan berarti antara kebutuhan nutrisi kala berpuasa dengan saat tidak puasa. Saat kebutuhan nutrisi tercukupi, maka tak akan ada masalah saat menjalankan puasa.

"Perbedaan hanya jam makan saja. Kalau pemenuhan kebutuhan nutrisinya cukup saat sahur dan berbuka puasa, maka biasanya tak akan mengalami kendala apapun, termasuk mengantuk," kata dia.

Saat sahur sebaiknya konsumsi karbohidrat yang dicerna lebih lama misalnya nasi merah, roti gandum, mie, dan pasta.

Sementara saat berbuka puasa, pilihlah karbohidrat yang mudah diserap tubuh dan menaikkan kadar gula di dalam tubuh yang rendah karena puasa, salah satunya kurma. MK

Related

FENOMENA 952193171489621973

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item