Menkominfo : Ransomware pengaruhi 12 institusi Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyampaikan keterangan pers terkait upaya penanganan dan antisipasi Malware Ransomware WannaCry di Jakarta, Minggu (14/5/2017). Menurut Rudiantara, Kementerian Kominfo dan Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (Id-SIRTII) berupaya menangani serangan malware tersebut agar dampaknya tak lebih parah.

Lakukanlah secara reguler backup data kemudian pembaruan software atau mengunduh anti virus dengan versi terbaru


Malang, Jawa Timur - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan serangan ransomware WannaCry berdampak pada 12 institusi di Indonesia.

"Laporan yang kami terima ada sekitar 12 institusi yang masuk dan terkonfirmasi, namun bisa saja itu lebih," kata Rudiantara usai berpidato di acara wisuda Universitas Muhammadiyah, Malang, Sabtu, 20 Mei 2017.

Ia mengatakan institusi yang komputernya terdampak tersebar di Jakarta dan sejumlah daerah, termasuk Sulawesi dan antara lain bergerak di bidang perkebunan, manufaktur, kesehatan, pendidikan, dan layanan umum seperti Samsat.

"Namun secara umum tidak signifikan dibanding dengan negara-negara lain, ini karena bantuan media-media yang secepatnya dan terus menerus mengingatkan kepada masyarakat," katanya.

Rudiantara mengatakan bahwa meski sudah bebas dari dampak WannaCry namun Indonesia belum sepenuhnya aman dari serangan virus komputer, masih enam sampai delapan jenis virus yang beredar.

"Virus yang masih mengintai itu tidak separah WannaCry, dan itu masih ada dan bergentayangan, dari ribuan tinggal ratusan yang ada di Indonesia," katanya.

Oleh karena itu dia menyarankan warga mengantisipasi ancaman dengan rutin mengganti kata sandi masuk akun surel dan pin ATM.

"Lakukanlah secara reguler backup data kemudian pembaruan software atau mengunduh anti virus dengan versi terbaru," katanya. an/MK

Related

2 NASIONAL 9174169348996464157

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item