Menteri minta kecurangan SBMPTN ditindak

Menristekdikti Mohamad Nasir 

Alhamdulillah sejauh pelaksanaan SBMPTN baik yang kemarin tes tertulis dan ujian keterampilan berjalan lancar. Kami meminta agar kecurangan SBMPTN untuk ditindak


Makassar - Menteri Riset. Teknologi. dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir meminta kecurangan yang terjadi selama pelaksanaan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) ditindak.

"Alhamdulillah sejauh pelaksanaan SBMPTN baik yang kemarin tes tertulis dan ujian keterampilan berjalan lancar. Kami meminta agar kecurangan SBMPTN untuk ditindak," ujar Nasir di Makassar, Rabu, 17 Mei 2017.

Dia mengatakan sejauh ini belum ada laporan berarti mengenai kecurangan SBMPTN. Namun, kemarin dia mendapat laporan bahwa ada peserta yang menggunakan headset ketika ujian.

"Setelah diselidiki, ternyata peserta itu hanya mendengarkan musik dari alat pendengar musik," tambah dia.

Pelaksanaan SBMPTN berbasis komputer pun, lanjut dia, juga berjalan lancar. Di Makassar, Menristekdikti meninjau pelaksanaan ujian SBMPTN keterampilan di Universitas Negeri Makassar dan Universitas Hasanuddin.

Di Universitas Negeri Makassar, ujian keterampilan keolahragaan diikuti 3.362 peserta yang sebagian besar dari Indonesia bagian timur. Namun yang diterima hanya sekitar 280 mahasiswa. Kampus itu merupakan salah satu kampus yang mencetak atlit di Indonesia bagian timur.

Seorang peserta ujian keterampilan di Universitas Negeri Makassar, Aulia Zahra, sangat berharap bisa lulus dalam pelaksanaan ujian tersebut.

"Supaya bisa mengembangkan prestasi di bidang keolahragaan," kata Aulia yang menyukai olahraga voli itu.

SBMPTN 2017 diikuti sebanyak 797.738 peserta yang terdiri dari ujian berbasis kertas sebanyak 776.878 peserta dan berbasis komputer sebanyak 20.860 peserta.

Kelompok ujian SBMPTN terbagi menjadi tiga jenis yakni kelompok ujian saintek dengan materi ujian tes kemampuan dan potensi akademik dan tes kemampuan dasar sains dan teknologi. Kelompok kedua yakni kelompok ujian sosial dan humaniora dengan materi ujian tes kemampuan dan potensi akademik dan tes kemampuan dasar sosial humaniora. Kelompok ujian ketiga yakni ujian campuran dengan materi ujian gabungan saintek dan soshum.

Hasil SBMPTN 2017 akan diumumkan pada Selasa, 13 Juni 2017 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://pengumuman.sbmptn.ac.id. MK

Related

2 NASIONAL 1271376808568290676

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item