Program "Nusantara Sehat" Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Konawe

ilustrasi

Unaaha - Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan mendistribusikan tenaga kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan melalui program "Nusantara Sehat".

Kepala Dinas Kesehatan Konawe Muh Aris di Unaaha, Sulawesi Tenggara, Minggu (28/5), mengatakan penugasan tenaga medis melalui program pemerintah pusat yang dikenal dengan "Nusantara Sehat" cukup membantu pemerintah daerah dan masyarakat setempat.

"Sangat membantu karena honor para medis yang berjumlah 18 orang sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah pusat. Kalau semata-mata mengharapkan anggaran daerah belum tentu terwujud," kata Aris.

Para medis "Nusatara Sehat" 2017 akan ditempatkan di wilayah terpencil, yakni Kecamatan Routa, Asinua dan Laosu. Penempatan tenaga medis melalui program "Nusantara Sehat" di Kabupaten Konawe sudah tahun kedua sejak tahun 2016.

"Konawe masih mendapat jatah medis Nusantara Sehat karena dinilai baik dalam pendampingan. Mudah-mudahan kehadiran tenaga medis meningkatkan pelayanan kesehatan di daerah terpencil," ujarnya.

Ia menambahkan sejumlah kabupaten kategori terdepan, terpencil dan tertinggal (3T) se-Indonesia tidak mendapat kuota tambahan tenaga medis Nusantara Sehat, bahkan dihilangkan karena tidak dapat bersinergi dengan baik.

Oleh karena itu, ia mengharapkan kepala desa, camat dan warga setempat mendukung dan bekerja sama dengan paramedis Nusantara Sehat dalam mengatasi permasalahan kesehatan di wilayahnya.

Ia memberi contoh, kepala desa, para ketua RT dan RW setempat mendukung sosialisasi tentang pentingnya menjaga kesehatan lingkungan yang digalakan paramedis "Nusantara Sehat".

Kepala desa, camat, ketua RT dan ketua RW tidak boleh apatis atas kehadiran tenaga media Nusantara Sehat tetapi harus mendukung penuh tugas-tugas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.
MK

Related

3 SULTRA 2992698851941704437

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item