Cegah Corona, Kapus Oheo Optimalkan Sosialisasi

Kepala Puskesmas Oheo Kabupaten Konawe Utara, Lius Andripal Pagala.

Kami juga melaksanakan pemantauan kasus di masyarakat (surveilans) kepada semua masyarakat yang memenuhi kriteria sebagai kasus pemantauan dan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Utara, jika dibutuhkan penanganan lebih lanjut
 
Oheo, Mediakonawe.com - Sebagai tindak lanjut upaya pemerintah kabupaten Konawe Utara melalui Dinas Kesehatan tengah penyiagaan seluruh lapisan pelayanan kesehatan guna menciptakan mitigasi pencegahan Virus Corona atau Covid-19. Tidak hanya Rumah sakit daerah (RSUD), Puskesmas sebagai wadah pelayanan dasar di lapisan terbawah juga turut dioptimalkan sebagai upaya mitigasi dan pencegahan virus corona.

Kepala Puskesmas Oheo Kabupaten Konawe Utara, Lius Andripal Pagala kepada mediakoknawe.com, Jumat (20/3) menjelaskan bahwa dalam menghadapi kasus pandemi Virus Corona (Covid-19) di Wilayah Kerja Puskesmas Oheo, sudah melakukan beberapa langkah mitigasi berupa tindakan pencegahan.



Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan mulai dari promosi kesehatan melakukan kegiatan sosialisasi atau penyuluhan tentang Covid-19 ke seluruh lapisan masyarakat baik yang berkunjung ke puskesmas maupun tidak, sekolah-sekolah, posyandu, kegiatan PKK dan kegiatan lain di kemasyarakatan.



“Sosialisai dilakukan termasuk melakukan sosialisasi keliling di 4 Desa dan 1 Kelurahan dalam cakupan wilayah kerja Puskesmas Oheo. Materi sosialisasi disiapkan berupa brosur yang dipasang ditempat-tempat strategis dan penyebaran brosur di rumah-rumah masyarakat," jelas Kapus Oheo.



Selain itu kata Lius, Puskesmas Oheo juga turut mempersiapkan Tim Gerak Cepat Covid-19 yang berisikan paramedisnya termasuk perawat, bidan puskesmas dan tenaga surveilans jika sewaktu-waktu nantinya tim ini akan bergerak apabila diperlukan penanganan langsung ke masyarakat.

Lebih lanjut dijelaskannya, bahwa sarana dan prasarana pendukung juga akan dipersiapkan sambil menunggu petunjuk lebih lanjut dari Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Utara, seperti khususnya Alat Pelindung Diri (APD) untuk petugas puskesmas termasuk ruang tunggu/transit sementara untuk pasien yang membutuhkan pengawasan lebih lanjut sambil menunggu datangnya pihak rumah sakit rujukan ke puskesmas.

Hal ini bertujuan untuk meminimalkan risiko kontak pasien tersebut dengan pasien lainnya di puskesmas dengan menyiapkan SOP dan alur penanganan Covid-19 di puskesmas dan masyarakat.

Jika kedepanya nanti ditemukan pasien yang memiliki gejala menyerupai virus corona maka beberapa hal akan menjadi perhatian serius pihak Puskesmas. Seperti halnya skrining dan pemberian masker.

“Apakah pernah berkunjung ke negara terjangkit Covid-19? dan atau apakah pernah kontak erat dengan kasus yang terkonfirmasi?. Tentunya semua itu  berdasarkan dengan SOP dan alur yang akan disiapkan di puskesmas ini,” jelasnya.

“Kami juga melaksanakan pemantauan kasus di masyarakat (surveilans) kepada semua masyarakat yang memenuhi kriteria sebagai kasus pemantauan dan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe Utara, jika dibutuhkan penanganan lebih lanjut,” ujarnya.

Intinya, lanjut Lius, masyarakat jangan cemas dan panik menghadapi cekaman corona, karena langkah awal yang paling tepat ditempuh untuk mencegahnya biasakan pola hidup bersih dan sehat berawal dari diri sendiri. MK/Jems

Related

KONUT 1800131609013190395

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item