Bermula dari Hobi, Heri Azhari Geluti Usaha Tanaman Hias

 

Heri Azhari, Jurnalis yang hobi koleksi tanaman hias


Saya dapat tiga ratusan hingga lima ratusan ribu rupiah waktu itu, dalam hati langsung tambah semangat dan menggebu-gebu sekali untuk mau serius dengan hobi ini. Saya semakin bersemangat untuk menanam bunga lebih banyak lagi

Wanggudu, mediakonawe.com - Bermula dari hobi, Heri Azhari (55) kini jadi salah satu kolektor penyedia tanaman hias di Kota Wanggudu, Ibukota Kab Konawe Utara. Bisnis kecil-kecilan ini bermula dari hobinya mecari koleksi tanaman bunga hias, tuturnya saat mediakonawe.com di Jalan Poros SMA Neg 1 Wanggudu, tempat ia menggeluti usahanya itu, Sabtu (26/9/2020).

Area halaman tempat tinggalnya ini ditatanya jadi kebun bunga yang asri. Penuh aneka bunga dan tanaman hias lainnya. 

Nama kebun bunga ini adalah 'Harapan Hidup'. "Penamaan itu mengacu pada kebiasaannya merawat tanaman bunganya yang bahkan jika ada pelanggannya membeli tanaman hiasnya itu sesekali dirinya berkelakar, Saya titipkan kembang ini agar dirawat karena bunga juga punya harapan hidup," ujar Heri.

Ia pun mengakui bahwa dirinya memulai tekuni hobi menanam bunga dan tanaman hias lainnya sejak masih remaja saat di Sukabumi, Jawa Barat beberapa tahun silam.

“Saya coba manfaatkan waktu luang sebelum menjalani aktivitas keseharian sebagai seorang jurnalis. Dan ini sudah menjadi rutinitas saya setiap pagi dan sore harinya untuk merawat tanaman kembang ini," katanya sambil menunjukkan beberapa tanaman bonsai kelapa yang kini dirawatnya.

Usaha kecil-kecilan tanaman hiasnya itu mulai ditekuninya berbekal pengalamannya sejak dari remaja itu sudah gemar merawat tanaman hias. Modal pengetahuan yang diperoleh selama di Sukabumi ia kembangkan. Ternyata usaha rumahannya di Wanggudu itu mulai berkembang cukup baik.

Bunga-bunga koleksi yang memang sedap dipandang mata itu lalu membuat banyak calon pelanggannya yang berhenti lalu menawarkan dan bahkan membeli bunga di depan rumahnya itu.

“Saya dapat tiga ratusan hingga lima ratusan ribu rupiah waktu itu, dalam hati langsung tambah semangat dan menggebu-gebu sekali untuk mau serius dengan hobi ini. Saya semakin bersemangat untuk menanam bunga lebih banyak lagi,” ujar Heri.

Kini siapa sangka bahwa bermula dari hobi, Heri lalu berencana untuk memperluas usahanya. 

Tanaman hias koleksinya kini beraneka rupa mulai dari beberapa jenis tanaman anggrek, antorium hingga beberapa koleksi bonsai. MK/JM

Related

KONUT 3156519788073348724

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item