Jelang Pilkada Konawe Selatan, Disdukcapil Maksimalkan Perekaman KTP El Walau Kekurangan Alat Pendukungnya

Kepala Disdukcapil Kabupaten Konawe Selatan, Muhammad Yusuf

 

Printer e-KTP itu kan butuh tinta, karena dimesinnya itu ada tinta dan ada menggunakan ribbon, ada 2 isinya didalam dan itu lumayan mahal harganya. Dan itulah tanggungjawab, karena Kurang lebih 12.000 lembar yang kita cetakkan e-KTP dalam beberapa bulan terakhir itu uang yang saya pinjam

Andoolo, mediakonawe.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara telah berupaya maksimal untuk melakukan perekaman KTP elektronik (KTP El) bagi masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya pada pilkada 9 Desember mendatang.

Hal ini diungkapkan Kepala Disdukcapil Kabupaten Konawe Selatan, Muhammad Yusuf, bahwa pihaknya telah bekerja keras melakukan tugas pelayanan dalam perekaman dan pencetakan e-KTP agar masyarakat yang belum memilikinya supaya dapat memberikan hak pilih pada pilkada Konawe Selatan.

"Saya fokus ke DPT dalam rangka suksesi pilkada. Siapapun boleh datang, tapi saya tekankan tidak boleh pakai perwakilan harus orangnya langsung. Karena, biasanya kalau pakai perwakilan kita hindari hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga saya harus bilang apapun yang kita kerjakan disini dilakukan secara profesional, gratis dan kita berikan kemudahan pelayanannya. Kalau mereka tidak bisa kesini, kita yang turun jemput kelapangan," ujar Kadisdukcapil Konsel di Andoolo, Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/12/2020)

Tentunya, lanjut Muhammad Yusuf, masyarakat yang tidak sempat meerekam seperti kaum lansia dan kaum disabilitas itu dilakukan pelayanan dilapangan.

Pihak Disdukcapil Konsel terus bekerja keras mengejar target data yang dibebankan mencapai dikisaran 5.000 (lima ribu) lembar e-KTP yang harus dirampungkan. Dan ternyata setelah divalidaasi sekitar 1000-an (seribu) sudah pernah merekam e-KTP  hingga tersisa 4.464 lembar.

"Alhasil, kita dapatkan angka terakhir yang belum merekan sekitar 2505 orang. Kemudian kita kejar lagi sampai dengan pertanggal 29 November itu posisinya tinggal 558 yang kemudian berkurang menjadi 151 orang yang belum setelah layanan perkecamatan kita aktifkan sejak 1 Juni lalu," ungkapnya.

Diakuinya, daya dukung fasilitas berupa alat cetak printer e-KTP menjadi kendala dari program percepatan penerbitan identitas diri di daerah ini. Awalnya ketersediaan printer e-KTP tersedia 3 unit dan seiring berjalannya waktu alat cetak itu tersisa tinggal 1 unit yang bisa beroperasi secara normal. Nah berfungsipun kemudian kita perbaiki satu dan kita fungsikan menjadi 2 unit, itupun masih ada lagi kendala, karena keterlambatan di perubahan anggaran kita terkendala dengan pengurangan anggaran. 

"Printer e-KTP itu kan butuh tinta, karena dimesinnya itu ada tinta dan ada menggunakan ribbon, ada 2 isinya didalam dan itu lumayan mahal harganya. Dan itulah tanggungjawab, karena Kurang lebih 12.000 lembar yang kita cetakkan e-KTP dalam beberapa bulan terakhir itu uang yang saya pinjam," keluhnya.

Lebih Lanjut Muhammad Yusuf, bahwa saat kehabisan (Tinta dan ribbon pada print e-KTP) makanya agak terhenti sejenak dan saya sudah telepon dan pinjam lagi sama kadis Capilnya Bombana, saya sudah pinjam sehingga dengan itu InsyaAllah posisi mencetak bisa sekitar 800-an lebih

"Saya dipinjamkan lagi, berarti hari ini sampai besok saya masih bisa bertahan melakukan pencetakan e-KTP," ungkapnya.

Kita berharap ada kerja sama dengan semua lini. "Saya katakan apa boleh buat hari ini yang harus kita cetakkan berapapun kejar itu semua dan antarkan langsung ke orangnya dimasing-masing kecamatan.

"Saya sudah standby kan hari ini pelayanan sampai jam 10 malam dan besok walapun libur nasional tetap kita layani. Artinya, kalau jaraknya dekat dari sini masih bisa kita dapat, kalaupun kita tidak dapat lagi apa boleh buat kita cetakkan Surat Keterangan Kependudukan (Suket) yang penting bisa memilih," harapnya.       

Disini kita hanya menyiapkan prasarananya mereka untuk bisa memberikan hak suara. Prasarananya itu adalah KTP, imbuhnya. MK/JM/Edison

Related

3 SULTRA 3932072971090880179

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item