Kasal Perhatikan dan Peduli Penuh Kesejahteraan Prajurit Hingga Purna Dinas

 

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. saat mengunjungi Pemukiman prajurit TNI AL (Kimal) 2020 di Kotabumi, Lampung Utara. Sabtu (12/12/2020).

Segera sesuaikan diri dan keluarga dari seorang prajurit menjadi petani karena sebagai seorang transmigran telah menjadi pilihan sendiri

LAMPUNG - MEDIAKONAWE.COM |  

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. sebagai Pemimpin TNI AL perhatikan  dan peduli penuh terhadap kesejahteraan prajuritnya tidak hanya waktu masih aktif dinas saja, tetapi sampai memasuki purna dinas (pensiun). Hal ini terlihat saat mengunjungi Pemukiman prajurit TNI AL (Kimal) 2020 di Kotabumi, Lampung Utara. Sabtu (12/12/2020).

Kedatangan Pemimpin TNI AL di  Kesatrian Markas Kimal Lampung disambut disambut dengan jajar kehormatan dan valreef. Pada kesempatan ini Kasal menerima laporan Kepala Pemukiman Angkatan Laut (Kakimal) Letkol Laut (KH) Sri Depranoto, S.Ag. tentang situasi dan kondisi Kimal  Kotabumi, Lampung. Setelah menerima laporan  Kasal dan rombongan meninjau langsung  Perumahan Kimal 2020 di Nunggul, Desa Sawojajar, Kota Bumi Utara yang ditempati 43 Kepala Keluarga (KK). 


Kimal Nunggul ini diperuntukkan bagi prajurit dan PNS TNI AL yang sudah mendekati usia pensiun.  Setiap keluarga yang menempati pemukiman ini mendapatkan rumah dengan luas bangunan dan tanah 36/500 m2 serta mendapatkan tanah garapan untuk pertanian atau perkebunan seluas 1 hektar.

Kasal dalam arahannya saat bertatap muka dengan warga perumahan mengatakan agar mengelola dan memanfaatkan lahan yang sudah diberikan oleh dinas dengan baik agar dapat menyejahterakan keluarga dan segera menyesuaikan diri. "Segera sesuaikan diri dan keluarga dari seorang prajurit menjadi petani karena sebagai seorang transmigran telah menjadi pilihan sendiri," ujar Kasal.

Lebih lanjut Kasal menjelaskan bahwa perumahan pemukiman bagi prajurit yang telah pensiun merupakan bentuk perhatian pimpinan kepada prajuritnya walaupun telah purna.  Hal ini akan terus dilanjutkan di tahun-tahun mendatang dan juga dibeberapa wilayah lain di Indonesia agar Angkatan Laut lebih menyatu dengan masyarakat dan dapat berkontribusi untuk membangun dan memajukan wilayah di sekitar pemukiman.


Sejarah pemukiman Angkatan Laut di Kotabumi ini diawali  dengan terbitnya Keputusan Presiden (Keppres) Nomer 144 tahun 1966 tentang pemanfaatan proyek produksi pangan khusus untuk ALRI dan Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Laut Nomor 5420.32 tanggal 13 November 1966 tentang peresmian berdirinya Proyek Produksi Angkatan Laut (Propal) yang dengan adanya dasar tersebut dikerahkan para  prajurit Korps Komando (KKO) AL (saat ini Korps Marinir-pen) sebagai pioneer untuk membuka lahan proyek pangan Angkatan Laut.  

Selanjutnya nama  pemukiman prajurit dan PNS Angkatan Laut ini berubah dari Propal menjadi Prosernal lalu menjadi Prokimal dan Kimal hingga kini. Dari luas tanah 7.960 hektar yang dimiliki Kimal hingga saat ini sudah 3.426,11 hektar yang sudah dimanfaatkan dan dihuni 1.676 KK.

Turut mendampingi Kasal dalam kunjungan ini  Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kasal Laksda TNI Muhammad Ali, S.E., M.M., Asisten Logostik (Aslog) Kasal Laksda TNI Puguh Santoso, S.E., M.M., Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) I Laksda TNI Abdul Rasyid K. S.E., M.M., Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han), Kadiswatpersal, Kadispenal, Kadisfaslanal,  Danlantamal III, Kabalur Jabar serta pejabat lainnya. MK

Related

2 NASIONAL 8206173822351151394

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item