Sukses Tingkatkan literasi dan Inklusi Keuangan, Bupati Konsel Dianugerahi Dilan Award dari OJK

 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tenggara menganugerahi prestasi "Dilan Award 2020 Kategori Kepala Daerah kepada H Surunuddin Dangga ST MM karena kesuksesannya bersinergi dengan stakeholder dalam mendukung peningkatan inklusi keuangan masyarakat di Kabupaten Konsel, Selasa (15/12/2020)


Award ini merupakan bukti kerja dan komitmen kita dalam berperan aktif meningkatkan pemahaman dan mendorong literasi serta inklusi keuangan di seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali dengan melibatkan stakeholder yang ada, yang akan terus kita tingkatkan demi peningkatan taraf hidup masyarakat agar lebih sejahtera dalam bingkai Desa Maju Konsel Hebat

Kendari-Tidaklah berlebihan dan tak bisa dinafikan jika kepemimpinan Bupati Konawe Selatan (Konsel) H Surunuddin Dangga ST MM di anggap sukses menahkodai daerah otoritanya. Sebab, tolak ukur keberhasilan seorang kepala daerah bisa dilihat dari berbagai aspek.

Selain pembangunan infrastruktur, peningkatan SDM, pelayanan kesehatan, penataan ruang, perumahan rakyat, dan ketertiban sosial, juga banyak hal lainnya yang bisa di jadikan indikator dan patut kita berikan apresiasi.

Indikator paling konkret yang bisa dipahami masyarakat dan bisa menjadi alat ukur untuk menilai kesuksesan seorang kepala daerah yakni raihan prestasi atau penghargaan yang diterimanya.

Olehnya itu, hal wajar jika Bupati Surunuddin dianggap berhasil memimpin daerah Konawe Selatan, karena sejak dilantik hingga di penghujung masa jabatan periode pertamanya yang akan berakhir Februari 2021 mendatang, terbilang banyak dengan menorehkan rentetan prestasi.

Teranyar, setelah menerima penghargaan dengan mengantarkan Konsel 4 kali berturut-turut (2017 - 2020) sebagai "Kabupaten Peduli HAM dari Kemenkunham", kini hanya terpaut sehari (Selasa, 15/12/2020) oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Sulawesi Tenggara ia kembali di ganjar prestasi "Dilan Award 2020 Kategori Kepala Daerah". Karena kesuksesannya bersinergi dengan stakeholder dalam mendukung peningkatan inklusi keuangan masyarakat di Kabupaten Konsel.

Ini juga merupakan kali kedua secara berturut-turut Bupati Surunuddin mendapatkan penghargaan dalam kategori yang sama. Sebelumnya ia memperoleh penghargaan serupa pada Oktober Tahun 2019 lalu.

Bertempat di Claro Hotel lantai 2, Bupati Surunuddin menerima piagam penghargaan yang diserahkan Kepala OJK Sultra Muhammad Fredly Nasution pada puncak kegiatan Forum Sinergi Stakeholder dan OJK (FUSION) dengan Tema "Masa Depan Milik Kita Bersama". Yang dibuka Gubernur Sultra H Ali Mazi SH.

Yang secara spesifik dianugerahi karena keberhasilannya proaktif membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) sejak akhir 2019, sekaligus mampu mengakselerasi dan mengimplementasi program tersebut dengan melibatkan petani langsung melalui program Kredit HEBAT (Hindari Rentenir dan Budaya lestari Semesta).

Atas capaian membanggakan ini, Bupati Konsel mengungkapkan rasa  syukur dan terima kasihnya kepada OJK yang telah menganugerahinya, yang katanya, keberhasilan menjadi terbaik di raih berkat kerjasama semua pihak.

"Alhamdulillah kita kembali raih Dilan Award, ini merupakan keberhasilan bagi seluruh lapisan masyarakat Konawe Selatan," ucapnya

Disebutkannya, program Kredit Hebat yang bakal diluncurkan 2021 tersebut dilaksanakan semata-mata sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap masyarakat, bagaimana pentingnya memaksimalkan sumber daya dan potensi yang ada, melalui pemanfaatan produk dan jasa keuangan demi peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Award ini merupakan bukti kerja dan komitmen kita dalam berperan aktif meningkatkan pemahaman dan mendorong literasi serta inklusi keuangan di seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali dengan melibatkan stakeholder yang ada, yang akan terus kita tingkatkan demi peningkatan taraf hidup masyarakat agar lebih sejahtera dalam bingkai Desa Maju Konsel Hebat," pungkas Surunuddin.

Sementara itu, Kepala OJK Sultra Muh Fredly mengatakan bahwa saat ini OJK telah membentuk 224 TPAKD dari 32 Provinsi dan 176 Kabupaten/Kota, dan Kabupaten Konsel satu-satunya di Sultra dari 17 Kab/Kota yang membentuk dan meluncurkan program tersebut. "Jumlah ini diharapkan dapat terus meningkat seiring dengan kebutuhan terhadap peningkatan akses keuangan yang begitu besar di seluruh daerah,"tandas Fredly yang juga menyerahkan penghargaan yang sama kepada Jurnalis Media Massa yang turut berkontribusi dan berperan aktif melalui pemberitaan dalam mendukung program OJK.

Selain itu, terkait maraknya praktek bisnis yang menawarkan investasi yang mengakibatkan kerugian finansial, Fredly mengatakan, OJK bersama tim kerja satgas waspada investasi terus meningkatkan koordinasi dan sinergi dalam pencegahan dan penindakan entitas yang melakukan penawaran investasi ilegal tersebut.

Tempat yang sama, Gubernur Sultra Ali Mazi dalam sambutannya menyebutkan bahwa karena peran dan fungsi TPAKD di daerah sangat signifikan di butuhkan."Selaku Gubernur akan mendorong pembentukan hal itu disemua daerah, tentunya diperlukan kolaborasi dan sinergi semua kepentingan dalam rangka mempercepat akselerasi keuangan," timpalnya. MK/Edison

Related

3 SULTRA 2142473380716796760

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item