Terikat Sejarah Leluhur, Mayjen TNI Andi Sumangerukka di Anugerahi Gelar Laode Lakina Umane Lipu Dari Kesultanan Buton

 

Terikat sejarah leluhurnya di Buton, Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Andi Sumangerukka dianugerahi gelar kehormatan Laode Lakina Umane Lipu oleh Perangkat Adat Kesultanan Buton di Bau-Bau, Sulawesi Tenggara, Kamis (24/12/2020)

Banyak pertimbangan dari Kesultanan Buton yang dijadikan dasar pemberian gelar kehormatan. Namun yang menjadi alasan utama adalah keterikatan dengan sejarah leluhur dari Pangdam yang memliki hubungan yang harmonis dengan masyarakat Buton

BAUBAU - MEDIAKONAWE.COM |

Terikat sejarah leluhurnya di Buton, Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Andi Sumangerukka dianugerahi gelar kehormatan Laode Lakina Umane Lipu oleh Perangkat Adat Kesultanan Buton 

Hal itu disampaikan Kapenrem 143/HO Mayor Arm Sumarsono dalam rilisnya, Kendari, Sultra, Kamis (24/12/2020) kemarin.

Diungkapkan Kapenrem, dalam kunjungan kerjanya ke wilayah Kodim 1413/Buton bersama Danrem 143/HO Brigjen TNI Jannie A. Siahaan, Pangdam XIV/Hsn juga mendapatkan penganugerahan gelar adat kehormatan dari Perangkat Adat Kesultanan Buton.

"Dalam kunjungan kerja selama 2 hari ini sejak Rabu (23/12/2020), Pangdam XIV/Hsn juga mendapatkan kado istimewa dari Kesultanan Buton, yaitu gelar kehormatan Adat yaitu Laode Lakina Umane Lipu," ujar Mayor Arm Sumarsono.

"Bapak Pangdam kini memilik panggilan La Ode Sumangerukka. Arti dari La Ode Lakina Umane Lipu sendiri memiliki makna seorang lelaki pemberani, menguasai wilayah dan petinggi atau pejabat negeri,” imbuhnya.

Menurut Sumarsono, pemberian gelar adat tersebut tentu tidak saja menjadi penghargaan istimewa bagi Mayjen TNI Sumangerukka semata, namun juga bagi TNI AD.

"Bertepatan dengan peringatan Hari Juang TNI AD tahun ini, gelar kehormatan dari Kesultanan Buton ini tidak saja jadi penghargaan istimewa bagi Mayjen TNI Andi Sumangerukka, namun juga bagi TNI AD," jelas Sumarsono.

"Banyak pertimbangan dari Kesultanan Buton yang dijadikan dasar pemberian gelar kehormatan. Namun yang menjadi alasan utama adalah keterikatan dengan sejarah leluhur dari Pangdam yang memliki hubungan yang harmonis dengan masyarakat Buton,"imbuhnya.

Untuk diketahui, sebelum dilantik menjadi  Pangdam XIV/Hsn oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa di Mabesad pada tanggal 9 Januari 2020, Andi Sumangerukka pernah menjabat sebagai Danrem 143/HO (2012-2013) dan Kabinda Sultra (2015-2019).

"Selain itu beliau juga lama bertugas di Sultra, baik sebagai Danrem 143/HO maupun sebagai Kabinda Sultra, dan sekarang lingkupnya lebih besar lagi yaitu sebagai Pangdam XIV/Hsn," jelas Sumarsono.

Dari rekam jejak tersebut, menurutnya lagi,  Jenderal Bintang Dua ini banyak berkontribusi terhadap masyarakat Sultra."Dalam hal ini tentu juga dirasakan oleh masyarakat Buton,,"tandasnya.

Lebih lanjut Sumarsono katakan, sesaat dianugerahi gelar kehormatan di Baruga Keraton Buton, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) pada hari ini (Kamis, 24/12/2020), Mayjen TNI Andi Sumangerukka menyatakan bahwa Buton merupakan rumah keduanya.

"Saya sangat berbahagia, ditanah ini leluhur saya merasa aman dan terlindungi, akhirnya saya bisa kembali di rumah kedua,” ujar Sumarsono mengutip pernyataan dari Pangdam XIV/Hsn 

Lebih lanjut Sumarsono katakan bahwa pada kesempatan itu Pangdam XIV/Hsn berjanji untuk mengemban amanah dari masyarakat Buton

“Saya berjanji memegang amanah ini, penganugrahan gelar kehormatan ini merupakan sebuah kebanggaan bagi pribadi Saya, apalagi di Buton nama saya kini menjadi La Ode Sumangerukka,” tambahnya menirukan janji yang diucapkan Pangdam XIV/Hsn dihadapan Sultan Buton ke-40 ( H La Ode Muh Izat Manaarfa).

Sementara itu, setelah memberikan gelar kehormatan kepada Andi Sumangerukka dalam sambutannya Sultan Buton ke-40 yang juga sebagai Ketua Lembaga Adat  mengatakan bahwa sebagai saudara akan selalu bekerja bersama-sama.

"Meskipun berbeda kita adalah saudara, dan selalu bekerja bersama-sama.Selamat atas penganugrahan gelar kehormatan kepada La Ode Sumangerukka, semoga terus terjalin persaudaraan dan terus bekerja bersama – sama,” ujar Sultan Buton, di Bau-Bau, Sultra, Kamis (24/12/2020)

“Dan harapan saya ditengah pandemi covid 19 ini  mari kedepankan keselamatan dan kesehatan serta terus patuhi aturan pemerintah Kota Baubau dalam melawan virus Corona,” pungkas Ketua Lembaga Adat. MK

Related

3 SULTRA 2626466843372131537

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item