Wilson Lalengke Resmi Melantik Pengurus DPD dan DPC PPWI Sulawesi Tenggara

 

Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPN PPWI), Wilson Lalengke resmi melantik Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) PPWI se Sulawesi Tenggara di Hotel Claro, Kota Kendari, Jumat (16/11/2021).

"Diharapkan dengan hadirnya PPWI di Sulawesi Tenggara bisa mengedukasi masyarakat agar membuat berita yang benar sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik agar berita yang dibuat benar terutama berita yang membangun, kondusif dan menyejukkan bagi tatanan masyarakat. Pemerintah sangat membutuhkan peran insan pers dan media, karena pemerintah mempunyai keterbatasan dalam menyampaikan dan menerima informasi seputar perkembangan,"

KENDARI - MEDIA KONAWE.COM |

Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Persatuan Pewarta Warga Indonesia (DPN PPWI), Wilson Lalengke resmi melantik Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) PPWI se Sulawesi Tenggara di Hotel Claro, Kota Kendari, Jumat (16/11/2021).

Prosesi pelantikan Pewarta Warga yang mengusung tema "Melalui Jurnalisme Warga Kita Wujudkan Masyarakat Sulawesi Tenggara Cerdas Media dan Junjung Tinggi Kode Etik Jurnalis" itu diikuti lebih dari 100 orang Pewarta Warga dari sejumlah Kabupaten/kota di daerah ini.Turut pula dihadiri sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara, perwakilan dari DPW Media Online Indonesia (MOI) dan sejumlah Ormas dan OKP di Kota Kendari.

Usai penyerahan pataka PPWI yang di terima Ketua DPD PPWI Sultra, La Songo yang didampingi Sekretaris, Agussalim dan Bendahara, Herman Sanneng dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan/pengukuhan pengurus DPD PPWI Sulawesi Tenggara, La Songo pada sambutannya berucap syukur dan berterima kasih kepada keluarga besar DPD PPWI Sultra yang telah bekerja keras atas terselenggaranya kegiatan ini.

Menurutnya, kehadiran DPD PPWI Sulawesi Tenggara baru seumur jagung, berbagai rintangan dan cobaan terus saja mengiringi eksistensi pewarta warga sejak kehadirannya di daerah ini. "Terkait cercaan tersebut, hanya satu kata biarkan bibir-bibir mereka ngomong, intinya kita jalan terus," ujar La Songo disambut aplaus seratusan anggota pewarta warga dan puluhan anggota ormas dan OKP yang yang menghadiri prosesi pelantikan itu.

Juga lanjutnya, saya sebagai refresentatif keluarga besar PPWI Sultra mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam menyukseskan acara pelantikan dan pengukuhan ini.

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Pengurus Nasional (DPN) PPWI Pusat, Wilson Lalengke, SPd MSc MA yang kehadirannya didampingi Ibu Wina saat berkunjung di Kota Kendari ini mengatakan bahwa baru-baru ini PPWI merayakan HUT nya yang ke-14 tahun, tepatnya tanggal 11 November 2021.

“Umur 14 tahun PPWI sudah banyak melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat. Di HUT baru-baru ini PPWI melaksanakan kegiatan dengan mencari 1000 Polisi baik di Indonesia yang akan diberikan penghargaan. Dan Alhamdulillah itu sukses kita laksanakan dan 1000 Polisi terbaik sudah diberikan penghargaan dari PPWI,” ujarnya.  

Wilson Lalengke juga menambahkan, diusia ke 14 tahun PPWI sudah memiliki 4300 anggota, 23 kepengurusan DPD dan 87 DPC se-Indonesia belum termasuk yang ada di luar negeri. PPWI bukan saja berada di Indonesia, akan tetapi ada juga perwakilan internasional di luar negeri. 

"PPWI bukan saja hanya berada di Indonesia, akan tetapi ada juga perwakilan internasional di luar negeri, makanya terkadang ada berita yang berbahasa inggris karena itu dikirim oleh kator perwakila PPWI yang berada di luar negeri," jelasnya.

Ketua PPWI Pusat ini juga memaparkan substansi mendasar dari makna dan arti PPWI yang berintikan bahwa PPWI adalah perkumpulan pewarta dan masyarakat dari berbagai elemen.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Tenggara H. Ali Mazi, SH dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Sekertaris Daerah Bidang Administrasi Umum, DR. Ir. Sukanto Toding, MSP.,MA menyampaikan bahwa selaku Pimpinan Daerah Sulawesi Tenggara mengapresiasi atas terselenggaranya pelantikan dan pengukuhan DPD dan DPC PPWI Sultra.

“Semoga yang baru dilantik bisa mengemban amanah dalam rangka mewujudkan visi-misi organisasi. Dan bisa berkembang sehingga menjadi mitra strategis pemerintah demi kemajuan kesejahteraan masyarakat Sultra,” ujarnya.

Pada sambutannya, Gubernur Ali Mazi juga mengatakan bahwa insan pers merupakan sumber informasi yang menjadi sumber daya pembangunan. 

Hadirnya berbagai organisasi yang mewadai insan pers di Sultra diharapkan dapat membuat informasi di Sultra ini lebih berkualitas.

“Pers merupakan pilar demokrsi dan bagian kontrol dalam menciptakan Check anf Balance untuk menciptakan kehidupan demokrasi. Tanpa Check and Balance maka kehidupan demokrasi tidak akan tumbuh dengan baik,” tambahnya.

Lebih lanjut Gubernur Sultra, keberadaan media saaat ini menjadi strategis karena ditopang dengan kemajuan ilmu pengetahuna dan teknologi dimana informasi dan komunikasi sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat. Untuk itu diharapkan insan pers menjunjung tinggi etika dan kode etik jurnalistik.

"Diharapkan dengan hadirnya PPWI di Sulawesi Tenggara bisa mengedukasi masyarakat agar membuat berita yang benar sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalistik agar berita yang dibuat benar terutama berita yang membangun, kondusif dan menyejukkan bagi tatananmasyarakat. Pemerintah sangat membutuhkan peran insan pers dan media, karena pemerintah mempunyai keterbatasan dalam menyampaikan dan menerima informasi seputar perkembangan," jelasnya.  

Gubernur Sultra juga menyampaikan terima kasih kepada insan pers yang tergabung dalam PPWI Sulawesi Tenggara.

“Melalui momentum ini, saya menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada insan pers yang tergabung dalam PPWI atas kontribusinya dalam pemberitaan berbagi informasi termasuk informasi tentang pembangunan daerah. Tak lupa saya mengajak kepada insan pers agar terus memunculkan berita yang mencerahkan dan mengedukasi masyarakat,” ajaknya.

Diakhir sambutannya, Gubernur mengucapkan selamat bekerja dan berkarya kepada pengurus DPD dan DPC PPWI Sultra periode 2020-2025, semoga kesuksesan menyertai dan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban.

Diakhir prosesi pelantikan yang digelar sejak pukul 14.30 sore itu, dilakukan penyerahan cinderamata kepada mitra PPWI Sultra yang dihadiri staf khusus Wakil Gubernur Bidang Pembangunan, Jaya Bakti, SE MM, Dewan Pembina DPD PPWI Sultra, Andy Adi Aksar, perwakilan dari Polda Sultra dan Korem 143/HO, Kabinda Sultra, Perwakilan Kejati Sultra. MK

Related

3 SULTRA 2734057719543611177

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item