Pemdes Lere Jaya Bagun Posyandu Dukung Program Peduli Kesehatan Warga

 

Pemerintah Desa (Pemdes) alokasikan sebagian Dana Desa (DD) APBN Tahun 2023 untuk membangun satu unit Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Lere Jaya, Sukriadi, S.HI  saat ditemui awak media di kediamannya di Desa Lere Jaya, Kecamatan Lambandia, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Minggu (14/05/2023).


"Program stunting ini sangat perlu, pasalnya, anak-anak kita adalah masa depan bangsa ini, kalau dari awal kita memberikan perhatian terhadap gizi anak balita, Insya Allah secara menyeluruh pertumbuhannya akan mengalami perkembangan yang signifikan,"


KOLAKA TIMUR - MEDIAKONAWE.COM|

Pemerintah Desa (Pemdes) alokasikan sebagian Dana Desa (DD) APBN Tahun 2023 untuk membangun satu unit Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu). Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Lere Jaya, Sukriadi, S.HI  saat ditemui awak media di kediamannya di Desa Lere Jaya, Kecamatan Lambandia, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Minggu (14/05/2023).

Menurutnya Sukriadi, Posyandu yang dibangunnya itu merupakan bentuk kepedulian dalam rangka mendukung suksesnya program pemerintah terkait pengentasan masalah stunting.

"Program stunting ini sangat perlu, pasalnya, anak-anak kita adalah masa depan bangsa ini, kalau dari awal kita memberikan perhatian terhadap gizi anak balita, Insya Allah secara menyeluruh pertumbuhannya akan mengalami perkembangan yang signifikan," jelasnya.

Karena itu, lanjut Sukriadi, berdasarkan hasil musyawarah Desa terkait penetapan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023 dan ditetapkan di Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) 2023, akan dialokasikan untuk membangun satu Gedung Posyandu, dan ditempatkan di Dusun IV Sumalinggasu, ya walaupun ukurannya hanya 5x6 yang penting azas manfaatnya besar dan bisa dirasakan oleh warga Dusun IV Sumalinggasu dan Dusun V Camba.

Selain Posyandu, Kata Sukriadi, penggunaan DD di Lere Jaya ini juga dianggarkan untuk membangun dekker sebanyak dua (2) buah yang lokasinya di dusun IV dan dusun II masing-masing satu (1) buah. Adapun empat (4) Unit Dekker yang dibangun merupakan swadaya masyarakat.

Sukriadi juga menambahkan bahwa untuk kegiatan-kegiatan lain di Desa Lere Jaya ini yang sangat membantu masyarakat yakni adanya bantuan berupa tenda terowongan dari Balai Taman Nasional. Dan itu nantinya akan dikelola oleh kelompok. Selain itu masyarakat juga sudah menerima sertifikat tanah sebanyak 191 Persil, dan itu diserahkan langsung oleh pihak pertanahan.

Dikonfirmasi terkait potensi warga di Desa Lere Jaya, Sukriadi menjelaskan bahwa mayoritas penghasilan warga adalah petani. Namun yang menjadi kendala yang dialami warga selama bertahun-tahun lamanya yakni akses jalan. Kita lihat sendiri jalan di Desa Lere Jaya ini sangat sulit dilewati kendaraan roda empat karena jalannya berlubang-lubang, ditambah lagi kalau musim hujan, selain berlubang juga berlumpur. Apalagi ini adalah jalan kabupaten yang menghubungkan Kabupaten Kolaka Timur dan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

"Alhamdulillah, baru-baru ini pihak dari Dinas PUPR sudah melakukan peninjauan dan pengukuran. Jadi kurang lebih tujuh (7) kilo meter itu yang rusak parah. Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini akan dilakukan pengaspalan," ucap Sukriadi sambil berharap.


Sementara, lanjut Sukriadi, wajib pilih yang ada di Desa Lere Jaya ini sebanyak 835 dari 323 Kepala Keluarga (KK) dan yang menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebanyak 25 KPM.

"Kami juga sudah menyerahkan BLT kepada 25 KPM, dan itu diserahkan di balai pertemuan dan dihadiri oleh pendamping lokal desa Herman, A.Md, Ketua BPD Ilyas Fikal, S.Pd, Sekretaris Desa Hasrullah, S.H, Kaur Keuangan Desa Qur'ana, S.A.B, serta perangkat desa yang lainnya dan juga Kepala Dusun ujarnya.

Selaku Kepala Desa Lere Jaya, tak lupa Sukriadi berharap agar apa yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik.

"Mudah-mudahan bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk keluarga," harap Sukriadi.

Related

KOLTIM 5573302768057167020

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item