Kades Laronanga Pacu Infrastruktur Desa



Kades Laronanga, Anhar R


Jaringan air bersih sudah dimanfaatkan masyarakat desa Laronanga sedikitnya 236 rumah tangga, begitu juga jalan permukiman dan kedua lokasi untuk dermaga pegerukan pasir sebagai usaha masyarakat sudah dipergunakan

MEDIA KONAWE, Wanggudu - Kepala Desa Larona Anhar R terus memacu pembangunan infrastruktur desa yang merupakan salah satu desa dari 15 desa yang berada di Kecamatan Andowia Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia.



Sejak turunnya Dana Desa (DD) yang bersumber dari anggaran APBN sejumlah infrastruktur terus direalisasikan pembangunannya. “Tahun 2015 alokasi Dana Desa untuk Desa Laronanga sudah terealisasi beberapa Program Desa untuk Dana Desa seperti pembuatan Saluran air bersih desa, perpipaan, bak penampungan, pembukaan jalan tambatan perahu dan tambatan perahunya bernilai total Rp. 265 juta,” ujar Kades Laronanga.



Sementara untuk Alokasi Dana Desa (DD) yang juga bersumber dari APBN 2016, Pemerintah Desa juga giat-giatnya menuntas beberapa kegiatan pembangunan infrastruktur desa yaitu : Pembuatan Drainase sepanjang 74 meter yang terealisasi 93 meter, Pembukaan Jalan Permukiman dan penimbunannya sepanjang 439 meter, talud 220 meter dan perpipaan untuk air bersih desa dari sumber mata air baru (sungai di bebukitan Laotori) di Kelurahan Andowia sepanjang 800 meter serta bendung air bersih semacam talud berukuran 4 meter .



“Jaringan air bersih sudah dimanfaatkan masyarakat desa Laronanga sedikitnya 236 rumah tangga, begitu juga jalan permukiman dan kedua lokasi untuk dermaga pegerukan pasir sebagai usaha masyarakat sudah dipergunakan,”ungkap Anhar R.



Desa Laronanga sejak berdirinya di tahun 1974, sudah memekarkan tiga desa baru yakni Desa Labungga, Desa Puwonua dan Desa Puusuli yang hingga kini desa yang berpenduduk lebih 500 jiwa itu diciutkan luas wilayahnya menjadi 2000 hekter termasuk wilayah perkebunan Kelapa Sawit PT SPL dan permukiman masyarakat berkisar 15 hektar.


Sayangnya, sejak berdirinya desa ini belum juga memiliki Kantor Desa, termasuk belum memiliki Balai Desa. “Penyelenggaraan Pemerintahan dan pelayanan masyarakat sampai saat ini masih menggunakan rumah saya. Begitu juga untuk kegiatan lainnya seperti kegiatan Posyandu, rapat-rapat desa dan tempat menerima tamu dari pemerintahan di tingkat atas,”keluh Anhar. (MK/Jems)

Related

KONUT 921129448366555919

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item