Kemendagri Jadikan Pemda Konut Pilot Project SIMUDAH

 

 Bupati Konut, H Ruksamin saat menyaksikan sistem pengoperasian mesin anjungan SIMUDAH berlangsung di kantor Kemendagri di jalan medan merdeka nomor 7 Nakarta pusat yamg diserahkan langsung Direktur Jendral ( Dirjen) pada selasa (7/12/2021) 

"Alhamdulillah dari beberapa provinsi di Sulawesi baru di kabupaten Konawe Utara, provinsi Sulawesi Tenggara yang dipercayakan menjadi pilot project SIMUDAH. Aplikasi ini segera mungkin kami terapkan di Konut," 

 JAKARTA - MEDIAKONAWE.COM|

Sejak secara resmi diluncurkan pada tanggal 26 April 2021, Kementerian Dalam Negeri (Kemendgri)  melalui Direktorat Jenderal Otonomi Daerah telah menetapkan dan mempercayakan Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara menjadi pilot project implementasi Sistem Mutasi Daerah (SIMUDAH).

Tindak lamjutnya, serah terima mesin anjungan SIMUDAH berlangsung di kantor Kemendagri di jalan medan merdeka nomor 7 Nakarta pusat yamg diserahkan langsung Direktur Jendral ( Dirjen) pada selasa (7/12/2021) sekira pukul 10.00 Wib. 

SIMUDAH merupakan Sistem Informasi Mutasi Daerah bagi PNS yang diluncurkan untuk memberikan kemudahan bagi PNS yang akan melakukan proses Mutasi antar Pemerintah Kabupaten/Kota lintas Provinsi dan antar Provinsi.

Tujuannya untuk mendorong pelaksanaan reformasi birokrasi pada aspek manajemen kepegawaian yang bebas dari Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) khususnya dalam pengelolaan mutasi Aparatur Sipil Negara (ASN) lintas Provinsi, sesuai amanat Permendagri Nomor 58 Tahun 2019, sehingga Kemendagri melalui Direktorat Jenderal Otonomi Daerah telah membuat sebuah terobosan inovasi Sistem Mutasi Daerah (SIMUDAH).

Bupati Kabupaten Konawe Utara (Konut), H. Ruksamin usai menerima mesin anjungan SIMUDAH mengatakan, atas nama Pemda Konut mengapresiasi langkah kemendagri yang mempercayakan bumi oheo sebagai pilot project dalam mengimplemetasikan sistem informasi daerah khususnya di Konawe Utara dan pada umumnya di provinsi Sultra. 

"Alhamdulillah dari beberapa provinsi di Sulawesi baru di kabupaten Konawe Utara, provinsi Sulawesi Tenggara yang dipercayakan menjadi pilot project SIMUDAH. Aplikasi ini segera mungkin kami terapkan di Konut," jelasnya. 

Perlu diketahui, layanan utama SIMUDAH dalam proses Mutasi Pindah Pegawai Negeri Sipil antar Pemerintah Kabupaten/Kota Lintas Provinsi dan antar Provinsi meliputi  : 

1. Tracking mutasi yaitu PNS dapat Mengetahui Perkembangan Progres Mutasi, cetak SK mutasi Secara mandiri oleh PNS yang bersangkutan dengan Sistim Face Recognition/Rekam pengenalan wajah yang telah terintegrasi dengan data Base Kependudukan apabila valid maka SK Mutasi dapat dicetak

2. Pengaduan dalam hal ini pegawai dapat melakukan aduan apabila ditemukan kendala dalam proses mutasi

3. Statistik muitasi yaitu informasi real time terkait proses mutasi PNS secara nasional 

live chat dengan pitur ini PNS dapat berkomunikasi langsung dengan Admin pengelola E-Mutasi di direktorat Jenderal Otonomi Daerah. 

SIMUDAH dikembangkan sebagai bentuk respon tuntutan kebutuhan layanan yang mudah, aman dan menyenangkan, dan sejalan dengan kebijakan era baru masa pandemi Covid-19 dalam proses Mutasi Pegawai Negeri Sipil antar Kabupaten/Kota Lintas Provinsi dan antar Provinsi. MK



Related

KONUT 4616428411185434369

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item