Alpian, Saya Tidak Usir Wartawan, Hanya Suruh Keluar Ruangan

KepalaBPMPD Konut, Alpian saat memberikan penjelasan kepada para kades

Kita tidak punya kewenangan memotong anggaran Dana Desa termasuk mempersulit pencairannya, dan kewenangan pencairannya itu ada di BPKAD

Wanggudu, Kepala BPMPD Konut, Alpian mengelak bahwa dirinya tidak mengusir wartawan, tetapi hanya meminta agar wartawan yang meliput jalannya rapat koordinasi dengan para kades se Konawe Utara itu agar keluar ruangan pertemuan itu. "Saya tidak mengusir wartawan, saya hanya meminta tolong agar teman-teman keluar dulu karena ada pembicaran penting yang bersifat tertutup dengan para kepala desa, dan itu juga hak saya,"kata Alpian yang dikonfirmasi di kantornya, Senin sore, 3 Oktober 2016.

Ketika ditanya isi materi seputar rapat dengan para kades, Kepala BPMD Konut menjelaskan bahwa dirinya menyampaikan kepada para kades untuk lebih serius menyelesaikan SPJ secara fisik tentang realisasi penggunaan dana desa 2016 agar segera di masukkan termasuk sejumlah arahan mengenai kebersihan di desa masing-masing. "itu masalah tanggungjawab mereka tentang kebersihan di kampung (Desa-red) dan pemagaran, serta penertiban hewan, itu saja intinya disitu," ujarya.

Jadi tidak ada mengenai pemotongan anggaran dana desa yang disampaikan di rapat itu, jelas Alpian. menyangkut desas desus pemotongan anggaran yang menjadi wacana desas desus spekulasi wartawan yang berada diluar ruangan rapat itu, dirinyapun  membantahnya, bahwa pihak BPMPD tidak punya kewenangan melakukan pemotongan anggaran Dana Desa itu."Kita tidak punya kewenangan memotong anggaran Dana Desa termasuk mempersulit pencairannya, dan kewenangan pencairannya itu ada di BPKAD," ungkap Alpian.

Lebih jauh Alpian menjelaskan bahwa yang terpenting dari pertemuan itu, memperjelas janji para kades untuk melakukan pembersihan tanaman dan pemagaran untuk keindahan dan kenyamanan kampung dari Tondowatu hingga Tetewatu setelah selesai pencairan tahap kedua. Dan itu, saya harapkan pada Kades mematuhi janjinya.

Menjawab pertanyaan wartawan mengenai ketidaktahuan Sekretaris BPMPD Konut atas isi materi pada rapat pertemuan dengan para kades itu, dirinya mengungkapkan kalau Sekretaris BPMPD Konut tidak berada ditempat ketika Undangan dan Materi pertemuan dengan para Kades di edarkan.

"Sekarang ini saya tidak dulu mau tandatangani gaji mereka, saya suruh dulu aktif berkantor karena itu rangkaian dari penegakan disiplin aparatur dilingkup BPMPD Konut ini. "Dari pada saya disikat Bupati tentang kedisiplinan PNS, lebih baik saya sikat duluan pegawai yang malas berkantor," tegas Alpian.

Hanya saja para jurnalis di Konawe Utara dalam menyikapi "minta tolongnya Kepala BPMD Konut agar wartawan yang sedang meliput agar keluar dulu" menjadi teka-teki, ada apa dibalik itu ?, kalau hanya menyampaikan materi pertemuan seputar SPJ realisasi Penggunaan Dana Desa, rencana Sosialisasi Peraturan dan Perundang-undangan di Provinsi, Pemagaran di desa dan soal berkeliarannya ternak di kampung?, bukankah sebaiknya itu di publikasikan agar masyarakat secara meluas dapat mendukung dan berpartisipasi membenahi desanya ?. MK/JM  

  

 
    

Related

KONUT 6319910754601707085

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item