DPMD Konut Sosialisasi Permendagri Nomor 20 tahun 2018

Sosialisasi : Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konawe Utara (Konut) gelar sosialisasi Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 dalam rangka meningkatkan kapasitas perangkat desa dalam tata kelola keuangan desa yang dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi peningkatan kapasitas Aparatur Pemerintah Desa/Lurah dan Evaluasi Program Kerja Tahun 2018 serta Singkronisasi Program Kerja SKPD dan Desa Tahun 2019 yang dibuka secara langsung Bupati Konawe Utara, H Ruksamin di dampingi Wabup Konut, H Raup di hadiri Kadis Sosial Prov. Sultra, sejumlah SKPD Lingkup Pemda Konut dan para camat, desa dan lurah di daerah ini di Aula Hotel Oheo, Andowia, Konawe Utara, Kamis (22/11).


...dibutuhkan perencanaan yang tersistematis mulai dari SKPD hingga para kepala desa, melakukan kerja sama yang terorganisis dari semua stakeholder di Konawe Utara, adanya niat yang tulus, ihlas dan berkomitmen yang kuat dari seluruh penyelenggara pemerintahan.

Wanggudu, MK - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konawe Utara (Konut) gelar sosialisasi Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 dalam rangka meningkatkan kapasitas perangkat desa dalam tata kelola keuangan desa yang dirangkaikan dengan Rapat Koordinasi peningkatan kapasitas Aparatur Pemerintah Desa/Lurah dan Evaluasi Program Kerja Tahun 2018 serta Singkronisasi Program Kerja SKPD dan Desa Tahun 2019.

Acara sosialisasi yang digelar bersamaan rapat kooordinasi ini dibuka secara langsung Bupati Konawe Utara, Dr Ir H Ruksamin, ST MSi didampingi Wabup Konut, H Raup SAg, MM dihadiri Kadis Sosial Prov. Sultra, Kadis, asisten dan staf ahli lingkup Pemda Konut serta para camat, kepala desa dan lurah se Kabupaten Konawe Utara, di Aula Hotel Oheo, Andowia, Kamis (22/11)

Kadis DPMD Konut, Yade Rianto

Kepala Dinas DPMD Konut, Yade Rianto, dalam laporannya telah memprioritaskan program peningkatan pemberdayaan masyarakat desa,program peningkatan lembaga ekonomi pedesaan, program peningkatan partipasi masyarakat dalam membangun desa, program peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa, program peningkatan peran perempuan di pedesaan, dan peningkatan pelayanan administrasi yang baik di desa.

"Program tersebut mengacu pada visi dan misi Bupati Konawe Utara periode 2016 - 2021 yaitu Konawe Utara yang sejahtera dan beradab (Konasara) yang diimplementasikan pada pemerataan pembangunan infrastruktur berbasis kebutuhan desa, mendorong pertumbuhan ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pembangunan masyarakat yang religius dan berbudaya, berketerampilan dan berprestasi, peningkatan pengelolaan sumberdaya alam konawe utara, serta mewujudkan mewujudkan tata kelola pemerintahan di desa yang baik dan bersih, ujar Yade Rianto dalam pidatonya.

Untuk mecapai visi dan misi lanjut laporan Kadis DPMD konut,dibutuhkan perencanaan yang tersistematis mulai dari SKPD hingga para kepala desa, melakukan kerja sama yang terorganisis dari semua stakeholder di Konawe Utara, adanya niat yang tulus, ihlas dan berkomitmen yang kuat dari seluruh penyelenggara pemerintahan.

"Dari uraian ini, rapat koordinasi bersama Bupati, Camat dan para kepala desa ini terlaksana dan kembali akan dilakukan sekali dalam tiga bulan dengan tujuan mengevaluasi program kerja sebelumnya untuk mengetahui kekurangan dan kelemahannya sehingga diharapkan terdapat solusinya, akan dilaksanakan rapat singkronisasi program oleh SKPD Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa dengan para kepala desa dan lurah se kabupaten Konawe Utara. Dan meningkatkan kapasitas paratur pemerintah desa,"kata Kadis DPMD Konut.

Para kepala desa harus di beri peran, karena bagaimanapun hebatnya kegiatan  di tingkat kabupaten kalau tidak di beri peran sesuai dengan kegiatan kewenangan kepala desa sebagai ujung tombak pelaksanaan pembangunan dan penyelenggaraan pemerintahan serta pelaksana pembinaan kemasyarakatan di desa semuanya itu akan sia-sia. "Dalam Rapat koordinasi ini dimohon Bupati memberikan arahan dan bimbingan dan petunjuknya tentang peran kepala desa  dalam melaksanakan visi dan misi bupati 2016-2021  agar singkron sebab kalau tidak terkesan jalan sendiri- sendiri," harap Yade Rianto. MK/It. 
          
  
   
        

Related

KONUT 1388538689047858956

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item