Bupati Konut Perintahkan Kadis DPMD Cairkan Dana Desa Pekan Depan

Rapat Koordinasi : Bupati Konawe Utara, Dr Ir H Ruksamin, ST MSi dalam sambutannya pada acara sosialisasi Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 dalam rangka meningkatkan kapasitas perangkat desa dalam tata kelola keuangan desa yang digelar bersamaan rapat kooordinasi yang dibukanya secara langsung didampingi Wabup Konut, H Raup SAg, MM dihadiri Kadis Sosial Prov. Sultra, Kadis DPMD, asisten dan staf ahli lingkup Pemda Konut serta para camat, kepala desa dan lurah se Kabupaten Konawe Utara, di Aula Hotel Oheo, Andowia, Konawe Utara, Kamis (22/11).

Terkait guyuran Dana Desa (APBN) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kabupaten Konawe Utara di tahun 2019 mendatang mengalami peningkatan, dimana Dana Desa yang didanai pemerintah pusat  tahun 2019 bertambah menjadi sebesar Rp. 124.568.295.000 dibanding tahun 2018 sebanyak Rp. 110.381.184.000. Sementara Alokasi Dana Desa yang bersumber dari APBD Kabupaten Konawe Utara tahun 2019 mendatang meningkat sebesar Rp. 54.261.636.600 dibanding tahun 2018 berada dikisaran Rp. 48.068.550.300.


Wanggudu, MK- Bupati Konawe Utara, Dr Ir H Ruksamin, ST, MSi perintahkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konawe Utara, Yade Riato agar segera memproses pencairan dana desa untuk mempercepat penuntasan pelaksanaan pembangunan di desa.

“Kadis DPMD saya perintahkan agar segera mempercepat proses pencairan dana desa. Saya kasi waktu paling lambat tujuh hari dana desa sudah bisa dicairkan,” tegas Bupati Konawe Utara.

Ini ditegaskankan Bupati Konawe Utara, Dr Ir H Ruksamin, ST MSi di sela sambutannya pada acara sosialisasi Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 dalam rangka meningkatkan kapasitas perangkat desa dalam tata kelola keuangan desa yang digelar bersamaan rapat kooordinasi yang dibukanya secara langsung didampingi Wabup Konut, H Raup SAg, MM dihadiri Kadis Sosial Prov. Sultra, Kadis DPMD, asisten dan staf ahli lingkup Pemda Konut serta para camat, kepala desa dan lurah se Kabupaten Konawe Utara, di Aula Hotel Oheo, Andowia, Konawe Utara, Kamis (22/11).



Untuk mempercepat proses pencairan Dana Desa, Bupati H Ruksamin juga berharap agar para kepala desa (Kades) segera menyelesaikan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) bagi para kades yang belum merampungkan LPJ nya agar tidak menghambat pencairan Dana Desa.

“Jika LPJ nya rampung dan masuk semua, saya hanya kasi waktu satu minggu proses pencairan dana desa akan diselesaikan semuanya,” ujar H Ruksamin sambil menambahkan kepala desa yang akan  berakhir masa jabatannya juga akan menerima pencairan Dana Desa itu sambil membuat pertanggungjawaban berakhir masa jabatannya.

Selain itu, Bupati Konawe Utara juga  berharap agar pembuatan dan pengecatan pagar di desa masing-masing dirampungkan termasuk para kepala desa diharapkan dapat mengawal proses pemancangan tiang listrik yang berada di desanya.



Terkait guyuran Dana Desa (APBN) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang bersumber dari APBD Kabupaten Konawe Utara di tahun 2019 mendatang mengalami peningkatan, dimana Dana Desa yang didanai pemerintah pusat  tahun 2019 bertambah menjadi sebesar Rp. 124.568.295.000 dibanding tahun 2018 sebanyak Rp. 110.381.184.000. Sementara Alokasi Dana Desa yang bersumber dari APBD Kabupaten Konawe Utara tahun 2019 mendatang meningkat sebesar Rp. 54.261.636.600 dibanding tahun 2018 berada dikisaran Rp. 48.068.550.300.

Harapan kami kata Bupati Konawe Utara, anggaran yang ada sekarang kita kembali melihat apa yang kita lakukan tahun kemarin, kemudian bagaimana perencanaan dan pelaksanaannya.
“Disini ada beberapa hal yang kita pilah. Pertama, saya inginkan di tahun 2019 itu agar kantor desa diaktifkan lagi, paling tidak pernah disinggahi sekali seminggu, dibersihkan dan dicet untuk kenyamanan berkantor,”harap Bupati H Ruksamin.

Selain itu, lebih jauh Bupati Konawe Utara, honor BPD akan dinaikkan tahun depan bahkan pemberian biaya operasional BPD merupaka langkah kebijakan Pemda Konawe Utara untuk menjawab kecenderungan adanya kesenjangan antara kades dan BPD di desa. “Ini saya lakukan untuk mendukung para kepala desa agar tenang dalam menjalankan pemerintahan di desanya,”kata mantan Ketua DPRD Konut ini. MK/Rit






Related

KONUT 6550600556687620618

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item