Tuntut Janji PT MUT, Masyarakat Silea Blokade Jalan Desa

 

Masyarakat Desa Silea Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara akhirnya memblokade jalan usaha tani (JUT) desa akibat  PT. Mega Utama Tani (PT. MUT) tak patuhi janji perbaikan jalan masyarakat yang juga digunakan karyawan dan kendaraan operasional Perusahaan Perkebunan Sawit tersebut.

"Janjinya mulai dari penggunaan alat berat yang akan digunakan perbaikan jalan hingga mobilisasi matrial untuk timbunan jalan sebanyak 5 unit mobil per hari semuanya itu bohong,"

UNAAHA - MEDIAKONAWE.COM |

Masyarakat Desa Silea Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara akhirnya memblokade jalan usaha tani (JUT) desa akibat  PT. Mega Utama Tani (PT. MUT) tak patuhi janji perbaikan jalan masyarakat yang juga digunakan karyawan dan kendaraan operasional Perusahaan Perkebunan Sawit tersebut.

Pemblokadean JUT desa dilakukan sekelompok masyarakat yang tergabung dalam Forum Masyarakat Desa Silea Bergerak (Formadesik), pada Jum'at 19 Nopember 2021 lalu sebagai tindak lanjut aksi serupa pada 3 Agustus 2021 lalu dimana pihak PT MUT menyahuti dan sepakat dengan tuntutan masyarakat untuk perbaikan jalan yang kesehariannya menjadi sarana lalu lintas masyarakat dan karyawan perkebunan sawit itu.

Ketua Formadesik, Ebin Lolombulan

Ketua Formadesik, Ebin Lolombulan saat di konfirmasi wartawan menyayangkan sikap dan langkah pihak perusahaan yang hanya memberikan janji-janjinya kepada masyarakat Desa Silea tanpa merealisasikannya. "Janjinya mulai dari penggunaan alat berat yang akan digunakan perbaikan jalan hingga mobilisasi matrial untuk timbunan jalan sebanyak 5 unit mobil per hari semuanya itu bohong," ujar Ebin Lolombulan, Minggu (21/11/2021).

Sementara ditempat terpisah, Ketua BPD Desa Silea, Rulianto kepada awak media menyatakan Jalan Usaha Tani yang di blokade itu merupakan aset desa yang sebelum perusahaan perkebunan sawit itu beroperasi JUT tersebut sudah ada dan bahkan selama perusahaan tersebut beroperasi belum ada perhatian dari pihak perusahaan.

Terkait pemblokadean jalan desa itu, Kepala Desa Silea, Kasran saat dihubungi awak media mendukung penuh apa yang telah dilakukan Formadesik dalam aksi pemblokiran JUT tersebut dan bahkan Pemerintah Desa akan mengambil alih proses perbaikan jalan usaha tani untuk dimasukan dalam program prioritas utama melalui Anggaran Dana Desa tahun depan.

"Pemerintah Desa Silea melalui musyawarah desa akan mengambil alih perbaikan Jalan Usaha Tani ini pada program prioritas Dana Desa (DD) tahun depan," ungkap Kasran.


Sebagai gambarannya, saat aksi masyarakat Desa Silea memblokade JUT tersebut tampak aparat keamanan dari Polsek Sampara dan dibantu anggota dari Polres Konawe. Selain itu turut serta dalam aksi Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Silea berssama perwakilan tokoh masyarakat, agama dan tokoh pemuda desa. MK 






Related

KONAWE 143403349424107885

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item