Hari ini, Presiden Lantik 7 Gubernur dan Wakilnya di Istana




Ketujuh Gubernur dan wakil Gubernur yang dilantik Presiden antara lain, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dan wakilnya Rudi Resnawan. Gubernur Jambi, Zumi Zola dan wakilnya Fachrori Umar, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan wakilnya Nasrul Abit. Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan wakilnya Steven Octavianus. Gubernur Kepulauan Riau, Muhammad Sani dan wakilnya, Nurdin Basirun, Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie dan wakilnya Udin Hianggio, terakhir adalah Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti dan wakilnya Rohidin Mersyah

Jakarta - Presiden RI Joko Widodo besok akan melantik 7 Gubernur terpilih dan wakilnya pada hari ini ,Jumat (12/2). Pengangkatan kepala daerah definitif itu akan berlangsung pukul 14.00 WIB di Istana Negara, Jakarta.

Dalam rilis Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ketujuh Gubernur dan wakil Gubernur yang dilantik Presiden antara lain, Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor dan wakilnya Rudi Resnawan. Gubernur Jambi, Zumi Zola dan wakilnya Fachrori Umar.

Kemudian, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dan wakilnya Nasrul Abit. Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey dan wakilnya Steven Octavianus. Gubernur Kepulauan Riau, Muhammad Sani dan wakilnya, Nurdin Basirun.
Gubernur Kalimantan Utara, Irianto Lambrie dan wakilnya Udin Hianggio.

Terakhir adalah Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti dan wakilnya Rohidin Mersyah. Berdasarkan Undang-undang No. 8 Tahun 2015 Tentang Pilkada Pasal 163, pelantikan Gubernur berlangsung di Istana Negara.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, dalam pelantikan ini, kepala daerah terpilih tak perlu membawa banyak rombongan untuk menghadiri seremoni tersebut. Menurut dia, cukup Gubernur, wakilnya beserta istri, lalu Sekertaris daerah (Sekda) dan Pimpinan DPRD.

“Jangan bawa rombongan banyak-banyak,” ujar Mendagri Tjahjo, Kamis (11/2).

Usai pelantikan Gubernur dan wakilnya ini, pada pelantikan berikutnya akan melantik Bupati dan Walikota di ibukota provinsi masing-masing daerah.

Pelantikan itu akan dipimpin langsung Gubernur atau wakilnya pada Rabu (17/2) mendatang.

“Setelah itu para kepala daerah ini akan diundang ke Istana Negara untuk mendapat pengarahan dari Presiden dan sejumlah kementerian terkait,” kata dia.

Sumber :
Puspen Kemendagri

Related

4 POLITIK 2653042590546916819

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item