Ombudsman :"Kejar Para Pendaur Ulang Cutton Bud Swab Antigen!!"

 

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar

"Padahal, sejak tahun 2020 negara ini telah bekerja susah payah menghentikan penyebaran virus ini. Tapi justru mereka melakukan tindakan kejahatan yang berpotensi menyebarkan virusnya,"

MEDAN - MEDIAKONAWE.COM |

Ombudsman RI Perwakilan Sumut berharap Poldasu terus melakukan pengejaran pihak pihak yang terlibat dalam kasus pendaurulangan cutton bud swab antigen.

"Ini adalah kasus kejahatan yang sungguh luar biasa, apalagi diungkapkan polisi seluruh proses daur ulang itu dilakukan di Laboratorium perusahaan plat merah Kimia Farma, " kata Kepala Ombudsman RI Perwakilan Sumut Abyadi Siregar menjawab wartawan, Jumat (30/04/2021).

Menurutnya, permintaan pengembangan pengusutan kasus tersebut, menjadi sangat penting. Karena bisa saja penggunaan Cutton buds Swab yang hasil daur ulang itu, tidak hanya digunakan di Bandara Internasional Kualanamu (KNIA). 

" Sangat besar kemungkinan aksi kejahatan itu juga digunakan di tempat tempat lain. Karena itu, ombudsman berharap, penyelidikan jangan berhenti sampai di Bandara Kualanamu. Tapi perlu dikejar, di tempat mana lagi Cutton bud antigen swab itu digunakan," tegas Abyadi.

Upaya pengejaran secara detail kasus ini, sangat penting. Karena ini adalah kejahatan yang luar biasa. Karena sangat besar kemungkinan tindakan para pelaku yang menggunakan perusahaan Kimia Farma itu telah berperan besar menyebarkan/menularkan virus Covid19 yang sangat mematikan tersebut.

"Di tengah tengah kerja keras pemerintah dan semua pihak menghentikan penyebaran virus Covid19, justru para pelaku tega melakukan tindakan yang berpotensi menyebarkan virus Covid19 yang sangat mematikan ini," kesalnya.

Pengembangan kasusnya, sambung Abyadi Siregar, tidak saja mengarah pada sekedar pencarian lokasi atau tempat penggunaan Cutton bud antigen yang didaur ulang itu. Tapi juga mengarahkan pengembangan untuk mendapatkan pihak pihak yang terlibat. Karena bisa saja ada orang lain yang ikut menikmati bisnis jahat ini.

Ombudsman RI juga mengharapkan penanganan kasusnya dilakukan sesuai proses hukum. Para pelaku harus mendapat ganjaran sesuai hukum yang berlaku.

"Padahal, sejak tahun 2020 negara ini telah bekerja susah payah menghentikan penyebaran virus ini. Tapi justru mereka melakukan tindakan kejahatan yang berpotensi menyebarkan virusnya," ujarnya.

Ombudsman juga sangat mengapresiasi sekaligus menyampaikan terimakasih atas keberhasilan jajaran kepolisian di Sumut yang berhasil membongkar perbuatan jahat ini. Dan, kita yakin, seluruh masyarakat juga akan memberi apresiasi yang luar biasa kepada kepolisian. Sebab, dengan berhasil dibongkarnya tindakan pendaurulangan Cutton buds antigen swab ini, itu artinya telah menghentikan penyebaran virus Covid19 yang mewabah ini.

"Ombudsman juga minta Kimia Farma sebagai perusahaan besar milik pemerintah, mengevaluasi pelaksanaan seluruh usahanya di Indonesia. Karena bisa aja kasus ini terjadi di provinsi lain. Lakukan pengawasan yang lebih ketat," tandas Abyadi Siregar. MK

Related

NUSANTARA 5399557227141930326

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item