Kapal tenggelam di Sulsel, dua tewas dan tiga masih dicari


Tim SAR dan BPBD Sulsel (ANTARA FOTO)


Sudah ada 18 orang dinyatakan dalam kondisi selamat, salah satunya pemilil kapal itu, bernama Tuang Awing, dan lainnya meninggal dunia karena tenggelam. Beberapa selamat karena berpengang ke papan, dan balok kapal, jerigen dan barang lainnya yang mengapung di laut


Makassar (MEDIA KONAWE) - Sebuah kapal dilaporkan tenggelam di perairan Pulau Tanakeke, Kecamatan Mappakasunggu, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, dan data sementara menyebutkan dua penumpangnya tewas.

Berdasarkan data Rumah Sakit Bhayangkara, korban ditemukan selamat 18 orang, dua orang meninggal dunia, dan tiga orang lagi masih dicari, kata Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Komisaris Besar Polisi Dicky Sondani, Jumat, 3 Februari 2017.

Menurutnya, tim penyelamat masih terus mencari korban yang belum ditemukan, sementara cuaca buruk yang ditandai dengan hujan dan angin kencang serta gelombang sekitar tiga meter masih berlangsung.

Para korban selamat yang jumlah 18 orang, yakni Sirajuddin Daeng Gassing, Mansur Daeng Nassa, Daeng Muntu, Daeng Sarro (BAS), Tuang Awing (pemilik kapal jolloro), Daeng Mamming (Nahkoda) Daeng Nutta (perempuan), Daeng Amiri, Bernianto, Daeng Taba, Daeng Taba, Daeng Nanring, Daeng Tiro, Daeng Jallang, Daeng Nuntung, Hj Tenne, Farida Daeng Caya, Daeng Laja dan Daeng Bonto.

Sedangkan penumpang yang ditemukan meninggal dunia yakni Hj Kebe dan Sakri alias Sattu. Sementara penumpang yang terindentifikasi namun hingga kini belum ditemukan tim pencarian masing-masing Sinara, Daeng Nombong dan Haji Ada.

"Sementara ini tim penyelamat terus melakukan pencarian karena masih ada tiga korban lagi yang belum diketahui keberadaannya, data ini masih akan berkembang," kata Dicky.

Menurut Dicky, kapal jolloro yang kecelakaan itu sebenarnya kapal nelayan, namun dijadikan menjadi kapal penumpang, hingga akhirnya karam. Saat itu, kapal berangkat dari Dermaga Takalar Lama sekitar pukul 10.50 WITA menuju Pulau Tanakeke, Kabupaten Takalar.

Namun naas, saat meninggalkan dermaga beberapa menit kemudian, kapal yang ditumpangi puluhan orang tersebut oleng kerena dihempas ombak tinggi dan akhirnya tenggelam.

Kejadian segera dilaporkan ke BPBD Takalar, yang kemudian merespons bersama SAR dan tim terpadu langsung melakukan penyelamatan dan pencarian korban. Tim menemukan sejumlah penumpang selamat pada sekitar pukul 16.00 WITA. Namun beberapa penumpang lainnya dinyatakan meninggal dunia dan masih hilang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Takalar, Syaharuddin dikonfirmasi membenarkan peristiwa bencana tenggelamnya kapal jolloro di wilayah kerjanya. Dia menjelaskan, kapal tersebut sebelumnya meninggalkan dermaga, namun setelah beberapa mil kapal terbalik.

"Sudah ada 18 orang dinyatakan dalam kondisi selamat, salah satunya pemilil kapal itu, bernama Tuang Awing, dan lainnya meninggal dunia karena tenggelam. Beberapa selamat karena berpengang ke papan, dan balok kapal, jerigen dan barang lainnya yang mengapung di laut," ujarnya.

Salah seorang penumpang selamat, Daeng Bonto, menceritakan kejadian itu bahwa kapal yang ditumpanginya diterjang ombak keras dan tinggi lalu beberapa kali yang menggoyangkan kapal tersebut, karena kapal tergolong kecil sehingga tidak mampu menahan derasnya ombak akhirnya terbalik.

"Awalnya memang sebagai penumpang ragu, tapi diyakinkan pembawa kapal, saat itu ombak tinggi menghantam kapal, masih bertahan namun beberapa kali dihantam akhirnya terbalik, saya memegang balok mengapung jadi bisa selamat," tuturnya.

Sebelumnya, Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar mengingatkan kepada para nelayan untuk berhati-hati dan tidak melaut sementara waktu karena kondisi cuaca yang terus hujan disertai angin kencang.

"Untuk sebagian wilayah di Sulawesi Selatan saat ini sedang terjadi hujan sedang yang kemudian berpotensi terjadinya hujan lebat disertai angin kencang yang juga mempengaruhi ombak di laut," ujar Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar Siswanto. JM


Related

2 NASIONAL 7352984721064362531

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item