Pondoa, Desa Terluar Kembangkan Komuditas Merica

Petik Merica : Masyarakat Desa Pondoa memiliki kebun merica yang sudah terolah rata-rata 1 sampai 2 hektar perkepala keluarga (KK) belum termasuk lahan perkebunan masyarakat yang sementara ditanami.

Dari penjualan komuditi merica petik milik masyarakat dalam sepekan ini diperkirakan mencapai satu ton dengan harga pembelian lokal sekitar Rp. 45 ribu per kilogram. Jadi total hasil penjualannya sekitar Rp. 45 juta


Wanggudu, mediakonawe.com – Desa Pondoa merupakan salah satu desa terluar dalam wilayah pemerintahan Kecamatan Wiwirano memiliki potensi sumberdaya sektor perkebunan yang dapat diandalkan dengan deretan hamparan kebun merica milik masyarakat mencapai lebih dari 100 hektar yang kini sudah terolah.

Kepala Desa Pondoa, Juharsi yang diwawancarai media ini di Wanggudu mengatakan bahwa potensi perkebunan merica yang berada di desanya sejak setahun terakhir telah menghasilkan puluhan ton buah merica petik yang telah dijual ke pedagang pengumpul dengan nilai penjualan juga mencapai ratusan juta rupiah.

Kepala Desa Pondoa, Kecamatan Wiwirano, Juharsi

“Dari penjualan komuditi merica petik milik masyarakat dalam sepekan ini diperkirakan mencapai satu ton dengan harga pembelian lokal sekitar Rp. 45 ribu per kilogram. Jadi total hasil penjualannya sekitar Rp. 45 juta,”ungkap Kades Pondoa, di Wanggudu, Selasa (28/11/2018).

Hasil Panen Merica

Dijelaskan Juharsi, masyarakat Desa Pondoa memiliki kebun merica yang sudah terolah rata-rata 1 sampai 2 hektar perkepala keluarga (KK) belum termasuk lahan perkebunan masyarakat yang sementara ditanami.

Desa Pondoa kata dia, berpenduduk 117 jiwa dengan 47 kepala keluarga yang tersebar di 3 dusun dan 6 RT yang umumnya memiliki mata pencaharian di sektor perkebunan merica dan kelapa sawit. “Sektor tanaman pangan berupa komuditi jagung dan kacang tanah menjadi andalan di Desa Pondoa ini, ”kata Juharsi. MK/Rit


Related

KONUT 735290339707861964

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item