Desa Lamondowo Kembangkan Ternak Ayam Petelur

Desa Lamondowo, Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara

Selama ini telur ayam didatangkan dari luar Kabupaten Konawe Utara, sehingga inilah yang mendasari kami melalui musyawarah desa untuk memprogramkan pengadaan ternak ayam petelur

Wanggudu, mediakonawe.com – Desa Lamondowo sebagai salah satu desa penyangga yang berada dilingkar terluar Kota Wanggudu ibukota Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara melalui kucuran Dana Desa (DD) tahun 2018 tengah mengembangkan ternak ayam petelur yang kini mulai berproduksi.

Menurut Kepala Desa Lamondowo, Muslan, pengadaan ternak unggas berupa ayam petelur dalam program dana desanya sebagai rangkaian peningkatan ekonomi masyarakat selain menjawab kebutuhan telur ayam bagi masyarakat di Kota Wanggudu dan sekitarnya.

Kepala Desa Lamondowo, Muslan saat menyimpan telur hasil
produksi ternak ayam petelur yang menjadi bagian
dari program yang didanai Dana Desa tahun 2018

“Selama ini telur ayam didatangkan dari luar Kabupaten Konawe Utara, sehingga inilah yang mendasari kami melalui musyawarah desa untuk memprogramkan pengadaan ternak ayam petelur,” kata Kades Lamondowo, Muslan di Lamondowo, Kamis (29/11/2018).

Kandang ternak ayam petelur Desa Lamondowo

Dijelaskannya, pada tahap awal ini pengadaan bibit ayam petelur sebanyak 720 ekor yang sebelumnya pembangunan kandang sudah dirampungkan termasuk kesiapan pakan ternak dan vaksinnya.

“Secara keseluruhan dari program pengadaan ternak ayam petelur dan kelengkapannya ini menyerap anggaran sebesar Rp. 165.078.000. Itupun belum termasuk tambahan pakan, suplemen dan vitamin untuk mengoptimalkan produksi,” ungkapnya

Salah satu ruas Jalan Usaha Tani (JUT) Desa Lamondowo

Selain pengadaan ternak ayam petelur dan kelengkapannya kata Kades Lamondowo, program dana desa diarahkan untuk menuntaskan kegiatan pembangunan fisik berupa penampungan mata air desa senilai Rp. 190 juta, Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 1 km sebesar Rp. 195 juta, pembuatan dan pengadan sarana dan prasarana olah raga terdiri atas pembuatan lapangan volley, takraw dan tennis meja sekitar Rp. 56.500.000, serta pembuatan pos kamling 3 buah yang tersebar di tiga dusun sebesar Rp. 20 juta.

Kepala Desa Lamondowo, Muslan saat meninjau lokasi sumber air bersih desa.

Lebih lanjut Muslan, total Dana Desa (ADD) dan  Alokasi Dana Desa (ADD) bersumber dari APBD Konawe Utara 2018 ini sebesar Rp. 970.360.000 dengan rincian Dana Desa sebanyak Rp. 675.363.000 dan ADD kabupaten sebesar Rp. 294.997.000.


“Kami masyarakat desa berterima kasih dengan turunnya dana desa sehingga peningkatan ekonomi masyarakat lebih maju dan dirasakan manfaatnya,” kata Muslan. MK/Edwin     



Related

KONUT 7589861449936737290

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item