Dana Desa Wawontoaho Diarahkan Pacu Infrastruktur Desa

 

Kepala Desa Wawontoaho, Ramlin


Jalan Usaha Tani kita bagi dalam dua pekerjaan yaitu pembukaan jalan baru dan peningkatan jalan desa masing-masing sejauh 250 meter dengan harapan memudahkan masyarakat mengangsur dan membawa hasil panenya

Wanggudu, mediakonawe.com - Desa Wawontoaho merupakan salah satu desa yang letaknya dilintasi jalan poros trans sulawesi di Kecamatan Wiwirano, Kab Konawe Utara,  Sulawesi Tenggara tengah bergiat merampungkan sejumlah program pembangunan infrastrukturnya yang didanai APBN melalui penganggaran Dana Desa (DD) tahun 2020.

Kepala Desa Wawontoaho, Ramlin yang ditemui di rumahnya, Minggu (13/09/2020) menjelaskan bahwa Program Dana Desa yang dikelola cenderung diarahkan pada pembangunan fisik infrastruktur yang terurai dalam beberapa program pekerjaan fisik, seperti Pembangunan Taman Pengajian Alquran (TPA) dengan serapan anggaran mencapai Rp 75 juta, Bak Penyaringan Air Bersih Rp 40 juta,  Jalan Usaha Tani (JUT) sejauh 500 meter berkisar Rp 129 juta dan paket pekerjaan Normalisasi Sungai sepanjang 1,2 km mencapai Rp 150 juta-an.

"Aturan Dana Desa tahun 2020 ini berubah untuk penanganan Covid-19. Dan kita sudah salurkan BLT ke masyarakat sebanyak 36 KK, sehingga dana BLT keseluruhan sekitar Rp 97 juta," ujar Ramlin. 

Lebih lanjut Ramlin,  pekerjaan untuk program air bersih berupa pembangunan bak penyaring yang di bangun di lokasi sumber air bersih sejauh 4 km dari desa ini  dan letaknya berada di Desa Culambatu.

Selain itu, pekerjaan fisik lainnya yang juga diserap dari Dana Desa yang mencapai Rp 725 juta itu berupa pembangunan sebuah deuker plate ukuran 5x1 meter serta pembukaan dan peningkatan akses jalan desa. 

"Jalan Usaha Tani kita bagi dalam dua pekerjaan yaitu pembukaan jalan baru dan peningkatan jalan desa masing-masing sejauh 250 meter dengan harapan memudahkan masyarakat mengangsur dan membawa hasil panenya," ucap Ramlin.  MK/RT

Related

6 INFO DESA 4588411717368088425

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item