Launching Polisi RW, Kapolres Konawe: Semakin Dekatkan Polisi dengan Masyarakat Hingga Tingkaat RW

 

Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, S.I.K saat meluncurkan Polisi RW di halaman Mako Polres Konawe, Rabu kemarin (10/5/23). 

"Program Polisi RW dilaksanakan dengan tujuan memperkuat penyelenggaraan Harkamtibmas di seluruh Indonesia sampai tingkat RW. Selain itu, juga untuk semakin mendekatkan anggota Kepolisian dengan masyarakat dan memperkuat data Kepolisian tentang potensi ancaman keamanan hingga tingkat RW,"

UNAAHA - MEDIAKONAWE.COM|

Kepolisian resor (Polres) Konawe menggelar apel pasukan sekaligus launching Polisi RW di halaman Mako Polres Konawe, Rabu kemarin (10/5/23). 

Polisi RW (Rukun Warga) adalah anggota Polri yang disiapkan dan ditugaskan diwilayah RW dan sejenisnya untuk menyelenggarakan Pemolisian Masyarakat, membangun komunitas yang dapat bekerja sama dengan Masyarakat dalam meniadakan gangguan terhadap keamanan dan ketertiban, menciptakan ketentraman serta mendukung terwujudnya kualitas hidup masyarakat.

Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi, S.I.K saat membacakan amanat Kapolri mengatakan Polri menempatkan personel dari berbagai fungsi kepolisian di setiap RW untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban dalam rangka pelayanan kepada masyarakat, dimana penempatan personel diupayakan berdekatan dengan lokasi tempat tinggal.

Polisi RW diharakan mampu meningkatkan interaksi antara polisi dengan masyarakat untuk memecahkan permasalahan sosial secara bersama di lingkungan RW. 


"Polisi RW diharapkan mampu mengcover keterbatasan jumlah personel Bhabinkamtibmas dalam meningkatkan Kamtibmas dan memperkuat pelaksanaan tugas-tugas Kepolisian," jelasnya. 

Disebutkan Tugas Polisi RW yaitu Bermitra dengan masyarakat dalam mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan keamanan dan ketertiban masyarakat di lingkungan serta menemukan pemecahan masalahnya. 

Kedua Bersama dengan masyarakat mengatasi masalah sosial dengan tindakan preventif dan preemtif sehingga tidak menjadi masalah hukum atau mengganggu Kamtibmas . 

Ketiga Mendukung fungsi kepolisian lainnya untuk meningkatkan efektivitas penerapan Polisi masyarakat di setiap wilayah.

"Berdasarkan Perpol No 11 tahun 2021 dirumuskan instrumen pembobotan, Indeks Keamanan Wilayah/Daerah, Rasio Jumlah Personel Polisi/Jumlah Penduduk, Medan Tugas serta Faktor Keadaan Khusus (X)," ujar Kapolres. 

Selanjutnya Polisi RW merupakan upaya Polri untuk meningkatkan penyelenggaraan Harkamtibmas dengan menempatkan personel Polri dari berbagai fungsi Kepolisian untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan Kepolisian pada masyarakat.

"Program Polisi RW dilaksanakan dengan tujuan memperkuat penyelenggaraan Harkamtibmas di seluruh Indonesia sampai tingkat RW. Selain itu, juga untuk semakin mendekatkan anggota Kepolisian dengan masyarakat dan memperkuat data Kepolisian tentang potensi ancaman keamanan hingga tingkat RW," tutup Kapolres. (*) 

Akhirnya Kapolres Konawe AKBP Ahmad Setiadi berharap Pencanangan Launching Polisi RW ini dapat mendukung Tugas-tugas kepolisian yang akan mendatang, sehingga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat  dapat senantiasa terjaga. (*)

Related

KONAWE 1979242947965167169

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item