DKP KONUT SIAPKAN PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT 2016








Penyerahan Bantuan Bibit Ikan Sidat : Bupati Konawe Utara, H. Aswad Sulaiman menerima bantuan bibit ikan sidat yang diserahkan Kadis DKP Konut, Joni Fajar.   Foto: MK/JM




Bupati Konawe Utara, H. Aswad Sulaiman bersama Kadis Kelauatan dan Perikanan Konut, Joni Fajar, menurunkan bibit ikan Sidat ke empang masyarakat Desa Tondowatu Kec. Motui                                                                                                                               Foto: MK/JM


Program ini diantaranya, Pembangunan  Cold Storage Rp. 4,1 miliyar, Program Pengembangan Rumput Laut Rp.1,3 miliyar dari TP DKP. Sementara dari DAK DKP sebesar Rp. 2,1 miliyar untuk pengadaan alat tangkap ikan, perahu dan mesin katinting,pukat,  pelatihan Manajemen Nelayan dan mesin pengolah hasil perikanan


Wanggudu - Sektor perikanan dan kelautan merupakan salah satu sektor andalan yang dapat menjadi unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat  Kabupaten Konawe Utara, khususnya sejumlah wilayah yang berada di daerah pesisir, demikian diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP)  Kabupaten Konawe Utara, Joni Fajar, S.Sos, M.AB kepada media ini, diruang kerjanya.

Menurutnya, dalam menggali potensi kelautan dan perikanan  secara maksimal  menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah pesisir khususnya para nelayan, Dinas DKP sudah menyiapkan berbagai program dan stimulan terutaman yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat di sektor Kelautan dan Perikanan itu.

" Program ini akan diluncurkan DKP Konawe Utara diawal 2016 mendatang dengan alokasi dana  program pemberdayaan masyarakat berasal dari beberapa sumber penganggaran, diantaranya dari  Tugas Pembantuan Departemen Kelautan dan Perikanan (TP DKP), Dana Alokasi Khusus (DAk DKP),  dan dari Kementerian PDT, ujarnya"

Lebih jauh menurut Joni Fajar,bahwa di 2016 mendatang DKP Konawe Utara menganggarkan sekitar Rp. 9 miliyar untuk  mendukung program pemberdayaan masyarakat di sektor ini. "Program ini diantaranya, Pembangunan  Cold Storage Rp. 4,1 miliyar, Program Pengembangan Rumput Laut Rp.1,3 miliyar dari TP DKP. Sementara dari DAK DKP sebesar Rp. 2,1 miliyar untuk pengadaan alat tangkap ikan, perahu dan mesin katinting,pukat,  pelatihan Manajemen Nelayan dan mesin pengolah hasil perikanan,"ungkapnya.

Yang tidak kalah pentingnya kata Joni Fajar, program DKP Konawe Utara mendatang juga berasal  dari Pemda Provinsi Sulawesi Tenggara sebanyak Rp. 1,5 miliyar dalam program Pengadaan Mobil Rantai Dingin, Kapal Pengawasan berbobot 15 - 20 GT, pengadaan es places dan pembangunan rumah pengasapan ikan dan pokea (kerang).

"Program ini belum termasuk anggaran yang bersumber dari Kementerian PDT, Dana Alokasi Umum (DAU),  dan PAD Konawe Utara 2016 yang kita harapkan berjalan optimal yang tentunya butuhkan daya dukung  semua pihak,"tandas Joni Fajar.

MK/JM  

Related

KONUT 6327071034532549480

KUNJUNGAN

KUMPULAN VIDEO

logo MEDIA KONAWE

BERITA POPULER

ARSIP BERITA

PILIHAN

PROFIL DPRD KONUT

INSPEKTORAT KONAWE UTARA

SPONSOR

logo Dinas Pariwisata konut
item